Obati Kerinduan Kampung Halaman, Warga Bima Dompu Kota Depok Gelar Silaturahim Akbar

DepokNews- – Ribuan warga asal Bima Dompu yang berdomisili di Kota Depok tumpah ruah dalam acara Silaturahmi Akbar yang dihelat di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Raya Margonda Kota Depok, Minggu (9/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut tidak dapat berjalan dengan Baik tanpa dukungan dari beberapa organisasi seperti
DPP BMMB, AMBI, FUMBI, SCPD, BDB, Tim Keamana Anggota TNI dan Polri dari Bima.

Anak Yatm Depok Full GRATIS Info Lengkap Pelayanan Optik Sejahtera Klik Disini

Warga Bima Dompu di Kota Depok serasa bernostalgia dengan kampung halaman dengan cara mengenakan pakaian adat khas Bima, mengikuti Pawai Rimpu, hingga penampilan seni budaya khas Bima.

Selain itu, tarian tradisional, Mpa’a gantao, Ntumbu tuta, pembacaan puisi, Ndiri biola, hingga penampilan Iko (Artis KDI) dan penampilan Ayu (Artis D’Academi).

Ketua Panitia, Mujahid Alatief menjelaskan tujuan utama dari acara ini adalah silaturahmi atau konsolidasi internal masyarakat Bima Dompu yang ada di Kota Depok.

“Bagi yang belum kenal bisa semakin dekat, bagi yang sudah dekat semakin erat,” ungkapnya.

Diutarakannya, ditampilkannya adat, seni, dan budaya Bima Dompu didasari kerinduan terhadap kampung halaman.

“Kita juga ingin menunjukkan dan memperkenalkan adat dan seni budaya khas Bima kepada generasi muda Bima Dompu yang ada di Depok dan sekitarnya agar tidak lupa bahwa kita punya tradisi dan budaya, yang tidak berhenti pada generasi tua,” tuturnya.

Harapannya, generasi muda Bima Dompu yang ada di Depok dan sekitarnya terus menanamkan kecintaan dan menjaga seni budaya khas Bima di perantauan.

Mujahid Alatief menjelaskan rimpu merupakan pakaian kebanggaan perempuan Bima yang dibuat dari kain tenun khas Bima.

“Jadi jauh sebelum hijab populer, masyarakat Bima sudah mengenal rimpu, hijab ala Bima. Kita melakukan Pawai rimpu dari Bumi Wiyata ke Pesona Khayangan dan kembali ke Bumi Wiyata,” tuturnya.

Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Bima (BMMB) Kota Depok, Tasrif menuturkan silaturahmi akbar diadakan didasari kerinduan masyarakat Bima Dompu pasca terbelenggu pandemi Covid-19 selama dua tahun.

“Silaturahim akbar ini upaya meningkatkan silaturahmi dan kekerabatan warga Bima Dompu di tanahnrantauan, serta ajakan agar senantiasa kompak dan berkontribusi positif bagi tanah rantauan dan kampung halaman,” tuturnya.

Tasrif mengutarakan berdasarkan hasil pendataan, populasi masyarakat Bima Dompu yang ada di Kota Depok berjumlah sekitar 12.000 jiwa yang tersebar di 11 kecamatan.

“Mereka berlatar belakang ASN, seperti guru, pegawai Pemkot, dan lainnya. Bahkan, tidak sedikit dari warga Bima yang mengabdikan diri di masyarakat dengan menjadi perangkat lingkungan, seperti Ketua RT dan RW. Artinya, mereka cukup memiliki pengaruh,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, hal istimewa dalam silaturahmi akbar ini adalah kehebohan penampilan para seniman dari Bima, yang dalam atraksi seni budaya.

“Dengan adanya penampilan seni budaya tradisional tersebut, rasa kerinduan warga Bima Dompu terobati hari ini,” tuturnya.

Ketua umum DPP BMMB, Syarif Hidayatullah mengapresiasi kegiatan BMMB Depok dan kekompakan seluruh kepanitiaan.

” Ini luar biasa semangat kekompakan dan solidaritas semua pihak,”ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Warga Bima Dompu di Kota Depok harus mampu berkontribusi dengan pemerintah Kota Depok dalam setiap pembangunan di Kota Depok.

” Mari kita sama – sama menjaga solidaritas dengan mendukung pembangunan di Kota Depok,”ucapnya dalam sambutannya.

Sementara itu, Dewan Penasehat BMMB Pusat, dr H. Sanusi Ibrahim Spog menyampaikan apresiasinya terhadap gelaran silaturahmi akbar karena mampu menyelenggarakan even besar untuk wadah silaturahmi

“Saya bilang ini luar biasa, hebat dan baru pertama kali bisa diadakan acara seperti ini, even besar yang dibawa oleh anak-anak muda di Depok. Ini sesuatu yang sulit dibayangkan, tetapi bisa digelar di Depok,” ungkapnya.

Terlebih, acara ini juga dihadiri Pemerintah Kota Depok, Wali Kota Bima, Ketua DPRD Bima, sesepuh Bima, serta para tokoh Bima.

“Saya sangat gembira, terlebih menampilkan berbagai acara khas Bima yang biasanya hanya digelar pada acara besar,” pungkasnya.