Pasca Pemeriksan Mata, Iropin Depok Berikan 400 Kacamata Gratis Pada Siswa SD

DepokNews- Ikatan Profesi Optometris Indonesia (Iropin) Kota Depok, mengadakan bakti sosial dengan pemeriksaan mata dan sekaligus pemberian kacamata secara gratis kepada 400 siswa dari 7 SDN di Kecamatan Sukmajaya. Penyerahan 400 kacamata gratis tersebut dilakukan pada Kamis, (3/11/2022) di SD Negeri 2 Sukmajaya. Turut hadir dalam kegiatan ini para Kepala sekolah dan guru perwakilan dari 7 SD di Sukmajaya, perwakilan Dinas Kesehatan Kota Depok dan juga perwakilan Puskesmas Kecamatan Sukmajaya, Sekretaris Iropin Jawa Barat, Totok Purwanto, A.Md RO beserta penasehat Iropin Jawa Barat Reza, A.Md RO.

Ketua Iropin Kota Depok Tutyah Nurbani Yusup,A.Md RO mengatakan, sebanyak 2.133 siswa dilakukan proses skrining dan ditemukan 580 anak dengan gangguan penglihatan yakni minus silinder. Yang nantinya akan dibuatkan kacamata gratis siswa terdeteksi minus dan silinder.

“Lebih dari 25 persen terdeteksi terganggu penglihatannya,” kata Tutyah Nurbani.

Tutyah Nurbani mengucapkan terima kasih kepada anggota Iropin Kota Depok dan semua pihak yang telah berkontribusi sehingga kegiatan baksti sosial pemberian kacamata gratis tersebut bisa berjalan dengan lancar.

“Pekerjaan yang besar dan berat jika kita kerjakan secara bersama-sama insya Allah menjadi lebih ringan, terima kasih kepada semua teman-teman Iropin dan semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan sosial ini,” ungkap Tutyah Nurbani.

Sedangkan Kepala Sekolah SD Negeri 2 Sukmajaya, Opar Suparman merasa terharus atas pemberian ratusan kacamata gratis oleh Iropin Kota Depok. “Ini baksos yang unik, beda dengan yang lain karena bentuk pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis. Ini akan sangat membantu para siswa yang mengalami gangguan penglihatan agar siwa tersebut berprestasi dan kelak jadi pemimpin, jadi menteri atau bahkan jadi presiden,” kata Opar Suparman.

Hal senada dikatakan Dokter Juri perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Depok yang juga memberikan apresiasi kepada Iropin atas kepeduliannya melakukan pemeriksaan mata dan pemberian kacamata secara gratis pada siswa siswi di Depok.
“Bantuan kacamata gratis ini manfaatnya langsung bisa dirasakan oleh para siswa dan akan menunjang prestasi siswa sebagai calon pemimpimpin masa depan,” kata Dokter Juri.

Apresiasi kepada Iropin Depok juga disampaikan Sekretaris Iropin Jawa Barat, Totok Purwanto, A.Md RO yang mengatakan bakti sosial pemeriksaan mata dan pembagian kacamata perlu terus dilanjutkan. “Masih banyak sekali siswa yang perlu kita bantu, dari 7 sekolah saja ada 400 siswa yang mengalami gangguan pengkihatan padahal ada ratusan sekolah di Kota Depok ini. Semoga Iropin bisa terus melanjutkan kiprah sosialnya ditengah masyarakat,” kata Totok Purwanto.

Acara pemberian kacamata gratis ini sendiri berlangsung tertin da lancar, para siswa tampak ceria mendapatkan kacamata gratis dari Iropin Kota Depok