Pemkot Depok Anggarkan Rp 83 Miliar untuk Sejahterakan Masyarakat

DepokNews–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen menekan angka kemiskinan melalui beragam program di Perangkat Daerah (PD) terkait. Karena itu, di tahun 2019 Pemkot Depok telah menganggarkan dana sekitar Rp 83,3 miliar untuk penanggulangan kemiskinan.

“Tepatnya, sekitar Rp 83.385.247.200. Dana ini akan dimanfaatkan untuk bantuan-bantuan yang bersifat sosial dan pemberdayaan atau peningkatan kualitas masyarakat,” kata Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna kepada depok.go.id, Senin (15/10/2018).

Seperti di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok, kata Pradi, memiliki dua program utama, yaitu perlindungan dan Jaminan Sosial (Jamsos) serta peningkatan rehabilitasi sosial. Total dana yang disiapkan, sekitar Rp

2.8 miliar.

“Di antaranya, santunan kematian, pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), dan pengadaan alat bantu untuk penyandang disabilitas,” katanya.

Pradi menuturkan, Pemkot Depok juga konsen terhadap peningkatan kualitas keluarga prasejahtera. Di antaranya pelatihan kewirausahaan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, pelatihan

keterampilan ekonomi produktif bagi perempuan kepala keluarga dari Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, dan pemberdayaan petani marginal dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok.

“Semakin ke sini, mudah-mudahan angka kemiskinan di Kota Depok berkurang. Terlebih, pemberdayaan masyarakat nantinya berdampak positif terhadap pendapatan daerah,” ucapnya.