Pemkot Depok Bakal Lakukan Sejumlah Kegiatan di Lokus P2WKSS 2023

DepokNews–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan melanjutkan program pemerataan pembangunan di wilayah barat Kota Depok melalui program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

Tahun ini RW 04 Kelurahan Duren Seribu (Duser) yang ditetapkan sebagai lokasi khusus (lokus) P2WKSS, maka sejumlah kegiatan akan dilakukan oleh Derangkat Daerah di lingkup Pemkot Depok.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Nessi Annisa Handari mengatakan, sejumlah kegiatan yang dilakukan di lokasi P2WKSS kali ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni, peningkatan keahlian masyarakat agar bisa lebih berdaya dan dapat meningkatkan perekonomian keluarga melalui berbagai macam pelatihan. 

Seperti pelatihan budidaya ikan lele, tata rias hingga pengetahuan terkait keuangan keluarga dan bahaya pinjaman online.

“Kami juga akan menggali potensi wilayah menjadi tempat wisata,” ujarnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (17/01/23).

Selain itu, ujar Nessi, pihaknya juga akan melakukan perbaikan terhadap rumah-rumah yang tidak layak huni, merenovasi posyandu agar terintegrasi dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Lalu, ujar dia, melihat lokasi-lokasi yang bisa dibuat sebagai taman bermain anak, taman bacaan anak, dan semua infrastruktur untuk mendukung layanan bagi anak-anak serta masyarakat.

“Setelah survei ke lokasi dua pekan ini sudah bisa dikumpulkan kegiatan dari masing-masing perangkat daerah agar bisa segera kita buat perencanannya. Mungkin di bulan Februari kita sudah mulai program P2WKSS ini,” katanya.

Terakhir, ia berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan derajat hidup masyarakat. Dengan begitu, Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) di Kota Depok bisa meningkat.

“Warga Depok juga merasakan bahwa pemerintah hadir di tengah mereka untuk bersama-sama membangun Kota Depok,” tutupnya.