Pemkot Depok Evaluasi Janji Kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota

Rapat evaluasi 10 Janji Kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok periode 2021-2026, serta program Kartu Depok Sejahtera (KDS) bersama perangkat daerah terkait, di Ruang Edelweis, Balai Kota, Jumat (15/09) kemarin. (Foto: JD 04/Diskominfo)

DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan evaluasi 10 Janji Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok periode 2021-2026, serta program Kartu Depok Sejahtera (KDS) bersama perangkat daerah terkait pada Jumat (15/09) kemarin.

Rapat tersebut dipimpin langsung Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Mohammad Fitriawan.

Asisten Ekbang Setda Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, Pemkot Depok terus berupaya memaksimalkan realisasi 10 Janji Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok periode 2021-2026, dan pemberian Kartu Depok Sejahtera (KDS) untuk masyarakat prasejahtera di Depok.

Hingga Triwulan ketiga Tahun Anggaran 2023, progres capaian program-program unggulan tersebut kian terpenuhi.

“Masing-masing perangkat daerah menunjukkan progres yang baik dalam pelaksanaannya, secara umum sampai saat ini hampir semua bisa tercapai, beberapa ada yang masih terkendala, maka akan kami coba cari solusi bersama,” katanya, Senin (18/09/23).

Dikatakan Fitriawan, program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha yang dijalankan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) mengalami progres capaian yang siginifikan. Sejak 2022 berjalan, sampai tahun ini sudah ada 4.200 WUB dan Perempuan Pengusaha yang berhasil dibina lewat program tersebut.

“Untuk program unggulan ini mudah-mudahan dalam kurun waktu tiga tahun hingga 2024 sudah bisa tercapai,” jelas Fitriawan.

Dalam program 5.000 WUB tersebut Pemkot Depok juga mencetuskan dan membina ratusan perusahaan rintisan (startup). Menurut Fitriawan, potensi perkembangan startup sangat besar di era digitalisasi saat ini.

“Tidak hanya dibentuk, para startup ini setelah dicetuskan, dibina mengikuti inkubasi dan dipertemukan juga dengan para investor. Kami rasa ini menarik untuk peluang anak muda Depok mengembangkan startup,” paparnya yang sempat menjadi Kepala DKUM Kota Depok ini.

Dirinya melanjutkan, Pemkot Depok juga sedang melaksanakan pembangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di beberapa kecamatan. Pembangunan itu dilakukan untuk mengupayakan pemenuhan jumlah sekolah negeri di setiap kecamatan.

“Sebagian sudah pengadaan lahan dan ada yang siap dibangun gedung sekolahnya, ada juga yang sedang penanganan masalah akses menuju sekolah. Itu sedang kami komunikasikan dengan aparat di lapangan,” tuturnya.

“Kami berharap semua program Janji Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok bisa terealisasi. Nanti menjelang akhir tahun ini akan kami adakan lagi evaluasi lanjutan,” pungkasnya. (JD 05/ED 02)

Berikut 10 Janji Kampanye Wali Kota-Wakil Wali Kota Depok Periode 2021-2026:

1. Dana Rp5 miliar per kelurahan

2. Ciptakan 5.000 pengusaha/start-up baru dan 1.000 perempuan pengusaha

3. Insentif guru honorer dan guru swasta

4. Alun-alun dan taman hutan kota di wilayah barat

5. Insentif pembimbing rohani 

6. Insentif RT, RW, LPM

7. Pusat olahraga dan UMKM

8. WiFi gratis untuk masyarakat

9. Sekolah/madrasah negeri per kecamatan

10. Posyandu/Posbindu di setiap RW

Sumber : depok.go.id

Published
Categorized as Metro Depok