Pemkot Depok Targetkan Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara Tahun 2023

DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah mempersiapkan verifikasi Kabupaten/Kota Sehat yang akan berlangsung di tahun 2023. Mendapat penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara menjadi target pada tahun ini. 

“Targetnya kita mendapat penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara tahun 2023, karena kita punya tekat itu. Makanya kita kejar kemarin di tahun 2022, kita tuntaskan Open Defecation Free (ODF) 100 persen,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati, usai Rapat Persiapan Verifikasi Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023 di Ruang Sapa Saba, Balai Kota Depok, Rabu (08/02/23). 

Menurutnya, syarat utama untuk memperoleh penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara ialah telah ODF 100 persen. Kemudian, memenuhi sembilan tatanan kota sehat dengan nilai minimal 91 persen. 

Meliputi tatanan satu kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan dua permukiman dan fasilitas umum, tatanan tiga satuan pendidikan, tatanan empat satuan pasar, tatanan lima pariwisata. Lalu, tatanan enam transportasi dan tertib lalu lintas jalan, tatanan tujuh perkantoran dan perindustrian, tatanan delapan perlindungan sosial, serta tatanan sembilan pencegahan dan penanggulangan bencana. 

“Jadi, kita sudah punya Surat Keputusan (SK) tim pembina kota sehat sehingga kita undang komponen-komponen lintas sektor yang masuk dalam pembina kota sehat,” tandasnya. 

Sebagai informasi, Penghargaan Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan penyelenggaraan Kota Sehat Tertinggi. 

Sumber : depok.go.id