Pemkot Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia, Wujudkan Lansia Bahagia dan Mandiri

DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya mewujudkan warga lanjut usia (lansia) yang  bahagia dan mandiri. Salah satunya dengan memfasilitasi mereka mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Kami terus lakukan sosialisasi tentang pentingnya vaksin untuk lansia, karena sangat bagus guna menjaga tubuhnya agar tidak terpapar Covid-19,” ujarnya usai Rapat Koordinasi Komisi Daerah (Komda) Lansia, di Aula Teratai Balaikota, Senin (31/05/21).

Dikatakan Imam,  pihaknya juga membuka layanan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di seluruh Puskesmas dan rumah sakit. Termasuk, pelayanan jemput bola bagi lansia yang hanya dapat beraktivitas di rumah.

Dia menyebutkan, hingga kini vaksinasi Covid-19 bagi lansia baru mencapai 14 persen. Dikatakannya, jumlah ini masih terbilang kecil dan akan terus dilakukan percepatan.

“Ada banyak faktor yang menyebabkan lansia tidak mau divaksin. Antara lain kurangnya pemahaman, kondisi yang sudah rentan, dan lain-lain namun kami akan terus upayakan,” jelas Ketua Komda Lansia Kota Depok itu.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan (Bappeda) Kota Depok, Widyati Riyandani menjelaskan, rapat koordinasi Komda Lansia rutin dilakukan empat kali dalam setahun. Tujuannya untuk membangun komunikasi dan koordinasi dalam menjalankan seluruh kegiatan.

“Seluruh kegiatan Komda Lansia akan kami susun lalu dan sinergikan dengan program kota, Perangkat Daerah, serta wilayah. Untuk itu, programnya harus dipertajam agar para lansia dapat selalu bahagia dan mandiri,” ucapnya.

Sumber : depok.go.id