Pemkot Kota Depok Pelajari Pengolahan Sampah Tanpa Polusi

DepokNews–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyambangi pengelolaan sampah Sangga Buana Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (17/01/23).

Kedatangan Kota Depok itu dilakukan untuk mempelajari sistem pembakaran sampah bersyarat agar bisa menjadi solusi dalam mengatasi sampah tanpa menimbulkan polusi.

“Saya rasa sistem ini baik dan sangat dimungkinkan dilakukan di Kota Depok. Sedang kami pelajari,” kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, dalam kunjungan tersebut.

Bang Imam, sapaan akrabnya, menyebut, saat ini pihaknya tengah menggaungkan zero waste di Kota Depok melalui penanganan sampah di Tingkat RW. Menurutnya, penanganan sampah harus dilakukan dari berbagai sisi.

“Penanganan sampah tidak hanya dari satu sisi. Kami akan coba dan lakukan metode ini di Depok, bekerja sama dengan Babe Idin (pengolah sampah dan pegiat lingkungan Lebak Bulus), selaku tokoh masyarakat di sini,” terangnya.

Di tempat yang sama, Pengelola Sampah Sangga Buana, Aryo Salaka menuturkan, dalam sehari pihaknya bisa menghancurkan sampah sebanyak tiga hingga empat dumptruk. Cara kerjanya ialah, sampah di bakar pada penampungan khusus kemudian asapnya disaring dan distilasi atau disuling menjadi air.

“Pengelolaan sampah adalah bagaimana manajemennya bukan alatnya. Karena alat kami hanya sederhana namun bisa menghasilkan dasar lapangan futsal dari sampah, juga kebun kopi” ucapnya.

“Kunjungan dari Depok ini sangat baik dan kami siap membantu memberikan pendampingan agar masalah sampah di kota tersebut dapat teratasi,” tutupnya.

sumber: https://berita.depok.go.id/pemkot-depok-pelajari-pengolahan-sampah-tanpa-polusi