Pemkot Tangani Serius Kasus Hepatitis A Yang Menyerang Pelajar SMPN 20 Depok

DepokNews–Terjangkitnya puluhan pelajar Depok yang terkena penyakit Hepatitis A di SMP Negeri 20 Depok menjadi perhatian Pemerintah Kota Depok.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mempelajari faktor penyebab puluhan siswa di SMPN 20 Depok yang terkena Hepatitis A, sehingga ke depan dapat mencegah terjadinya kasus serupa.

Wali Kota Depok , Muhammad Idris mengatakan selama ini berbagai upaya pencegahan (preventif) sudah dilakukan Pemkot Depok, salah satunya dengan mengadakan sosialisasi penyakit Hepatitis A kepada masyarakat.

“Secara standar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memang belum sampai kepada Kejadian Luar Biasa (KLB). Karena masih terlokalisasi di Depok. Mudah-mudahan tidak menyebar ke daerah lain khususnya wilayah tetangga,” jelasnya.

Selain itu Idris juga mengajak masyarakat khususnya satuan pendidikan untuk terus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Menurutnya dengan pola hidup sehat ini dapat menjaga kesehatan dan meminimalisir terjadinya penyakit yang berasal dari kuman atau bakteri.

“Mari kita galakan PHBS dengan membudayakan mencuci tangan dengan sabun, Semua ini sudah kami sosialisasikan sebelumnya. Memang terkait praktiknya yang masih terus kami dorong kepada masyarakat maupun lingkungan sekolah,” kata Mohammad Idris, Jumat (22/11/2019).

Lanjut Idris selain perilaku hidup sehat kualitas jajanan anak juga harus menjadi perhatian sekolah. Dikatakan Mohammad Idris, meskipun secara struktur pemerintahan, pengawasan terhadap makanan ada di provinsi, namun bukan berarti pihaknya tidak perhatian terhadap hal itu.

“Syukur-syukur setiap sekolah sudah ada kantin yang makanannya sudah melalui proses seleksi oleh sekolah dan komite, sehingga berhak dan layak untuk bisa dijajakan pada anak-anak kita,” terangnya.