Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati. (Foto: JD01/Diskominfo)

DepokNews–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok turut serta memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) Tahun 2022 di Kota Depok. Peringatan tersebut dilakukan dengan menggelar berbagai kegiatan yaitu pelatihan laskar Tuberkulosis (TB) bagi remaja, skrining TB, sosialisasi, hingga penyuluhan TB. 

“Berbagai kegiatan kami lakukan dalam memperingati HTBS tahun 2022 di Kota Depok,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati kepada berita.depok.go.id, Senin (21/03/22). 

Mary merinci, untuk pelatihan laskar TB remaja dan pramuka peduli TB dilaksanakan pada 12 Maret kemarin. Kemudian, juga dilakukan penyuluhan dan skrining TB ke pesantren wilayah Tapos dan Cilodong. 

Selanjutnya, ujar Mary, pihaknya juga melakukan optimalisasi penemuan kasus dan akselerasi perjanjian kerja sama lahanan TB di klinik pada 14-18 Maret. Lalu, sosialisasi gerakan serentak promosi dan skrining gejala TB di fasilitas oelayanan kesehatan pada 17 Maret. 

“Juga ada podcast dalam rangka Hari TB Sedunia bersama Ketua Koalisi Organisasi Profesi (KOPI) TB dan Yayasan KNCV Indonesia,” tambah Mary. 

Dirinya menambahkan, juga ada skrining TB pada 100 kontak erat di daerah kumuh dan padat penduduk, skrining TB melalui rontgen thorak di rutan kelas 1 Depok pada 21 Maret hingga 2 April. Serta gerakan serengak promosi dan skrining gejala TB di fasilitas pelayanan kesehatan. 

“Juga ada kegiatan webinar TB pada 25 Maret, lomba kader TB pada 26 Maret, penandatanganan kerja sama Dinkes dengan RS terkait layanan TB. Serta webinar TB bagi tenaga kesehatan pada 31 Maret mendatang,” pungkasnya