Peringati HKN, Dinkes Depok Gelar Berbagai Kegiatan

DepokNews–Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun ini, diperingati Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dengan menggelar berbagai kegiatan. Bertempat di alun-alun, kegiatan yang diadakan meliputi senam bersama hingga penyerahan penghargaan kepada fasilitas kesehatan berprestasi.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, peringatan HKN ke-58 dirangkai dengan Gelar Akbar Produk UMKM Depok. Terdapat juga stan-stan milik stakeholder, perangkat daerah, dan fasilitas kesehatan turut meramaikan.

“Rangkaian Peringatan HKN Ke-58 dimulai sejak Kamis (10/11) berupa vaksinasi massal di Dmall. Lalu senam bersama tadi pagi pukul 06.00 WIB, dan pengukuhan agent of change Apoteker,” ujar Mary kepada berita.depok.go.di usai kegiatan tersebut, Sabtu (12/11/22).

Kemudian, launching Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) , Pengukuhan Kampung Peduli Tuberculosis (Kapitu), pemberian penghargaan untuk rumah sakit dan Puskesmas berprestasi.

“Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama semua pihak,” ucapnya.

Mary menuturkan, diperingati setiap 12 November, tema HKN tahun ini adalah Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku. Imbuhnya, tema ini dipilih seiring transisi dari pandemi ke endemi sebagai tanda bangkitnya semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat terlepas dari pandemi, termasuk Kota Depok.

Mary menjelaskan, kesehatan merupakan suatu amanat. Setiap orang memiliki hak yang sama untuk memperoleh pelayanan kesehatan yg aman, bermutu dan terjangkau sebagaimana amanat UU No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. 

“Termasuk di dalamnya hak untuk mendapatkan edukasi, informasi tentang kesehatan yang seimbang dan bertanggung jawab,” terangnya.

Lebih jauh, dikatakannya, permasalahan kesehatan adalah tanggung jawab bersama. Untuk mengatasinya, perlu dilaksanakan upaya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (Germas) dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, untuk membangun paradigma sehat bagi seluruh masyarakat. 

“Kegiatan yang dilakukan antara lain penggerakan masyarakat dan kampanye kesehatan melalui penyebaran promosi kesehatan yang terintegrasi ke dalam rangkaian kegiatan HKN ini,” tandasnya.