Peringati HUT ke-3 Alun-Alun Depok Dengan Donor Darah, Berikut Syarat dan Link Pendaftaran Pendonor

DepokNews – Kegiatan donor darah yang akan digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Alun-alun Kota Depok terbuka untuk umum. Kendati demikian, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendonor.

Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz mengatakan, ada standar yang ditetapkan jika seseorang ingin mendonorkan darahnya. Di antaranya, tidak sedang flu/ batuk/ demam/ pusing. Kemudian, usia minimal 17 tahun.

“Berat Badan (BB) juga harus di atas 48 kg, lalu tekanan darah dan denyut nadi normal. Kemudian juga istirahat cukup minimal tidur 5 jam,” terangnya.

Dudi menyebut, syarat lainnya yaitu wanita tidak sedang menstruasi, menyusui maupun hamil. Untuk Hemoglobin, laki-laki kadar 13,0 gr/dl (gram per desiliter) sampai dengan 17,0 gr/dl. Sementara perempuan di angka 12,6 gr/dl sampai dengan 17,0 gr/dl.

Syarat berikutnya, tidak sedang mengonsumsi obat-obatan selama 3 hari sebelum donor, baik itu obat flu/ analgesik/aspirin. Untuk konsumsi antibiotik, minimal 1 minggu sebelum donor. Tidak punya riwayat penyakit jantung, ginjal, diabetes (gula) dengan terapi insulin, kanker, hemofilia dan penyakit darah lainnya.

“Terakhir, interval waktu donor darah dengan donor sebelumnya yaitu minimal 60 hari,” tutupnya.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui link : bit.ly/donordarahAAKD.

Sumber : depok.go.id