DepokNews — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok telah memasang 23 CCTV di berbagai loaksi mulai dari simpang dan ruas jalan. CCTV tersebut merupakan bagian dari Area Traffic Control System (ATCS).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Marbudiantono mengatakan menegaskan lokasi CCTV tersebut berada di beberapa lokasi antara lain Simpang Cilodong, Jatijajar, Cijago, Pal, RTM, Al-Huda, Siliwangi, Ramanda, Margonda, PLN, Kukusan, Sengon, Tol Sawangan, Bojongsari, Kartini, Kodim, Cinere, Bojongsari, Polsek Sukmajaya, Raden Saleh, Simpang Kostrad Cilodong dan Simpang GDC.

Selanjutnya kata dia yaitu di Ruas Jalan Margonda segmen 2 atau JPO Margo-Detos dan Ruas Jalan Margonda Gedung Dibaleka 2, dan Kemudian Ruas Jalan Margonda segmen 1 atau exit terminal Depok

Dijelaskannya, beberapa persimpangan tersebut terdapat dua hingga tiga CCTV. Selain itu salah satu CCTV di Simpang Jalan Margonda bahkan bisa menghitung volume lalu lintas.

Lebih lanjut dia menyatakan, CCTV Dishub tersebut memiliki berbagai fungsi, di antaranya memantau arus lalu lintas, pencatatan volume dan kecepatan kendaraan, serta pelanggaran yang dilakukan para pengemudi. Melalui ATCS, Dishub Depok juga dapat memantau pelanggar lalu lintas hingga melihat plat nomor kendaraan tersebut.

“ATCS adalah teknologi informasi yang digunakan untuk pengendalian lalu lintas. Setiap penempatan kamera tergantung kebutuhan di wilayah tersebut, jika volume kendaraan lebih banyak maka jumlah kamera yang digunakan juga menyesuaikan. Dan setiap tahun kami selalu mengupayakan untuk menambah CCTV,” pungkasnya