DepokNews — Komite Nasional Pemudaan Indonesia (KNPI) Kota Depok menggelar rapat pimpinan daerah (Rapimda). Kegiatan sebagai langkah awal persiapan Musyawarah Daerah (Musda) tersebut dihadiri oleh Ketua KNPI Jawa Barat, Ketua DPRD Kota Depok, Ketua dan Pengurus KNPI Kota Depok, dan OKP yang tergabung di KNPI Kota Depok.

Ketua DPRD Kota Depok, Tengku Muhammad Yusuf Saputra mengatakan bahwa KNPI harus menjadi rumah bersama bagi seluruh pemuda di Kota Depok. Untuk itu gedung KNPI yang telah dibangun harus dimaksimalkan keberadaannya dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

“Kiprah pemuda harus lebih baik. Gedung pemuda harus lebih optimal dimanfaatkan untuk kebaikan bersama,”katanya.

Ia Juga berharap dengan Rapimda ini melahirkan agenda yang membawa kemajuan untuk KNPI serta melahirkan pemimpin yang membanggakan.

” Pemimpin baru atau incamben yang kembali memimpin. Semoga bisa membawa KNPI menjadi Lebih maju,”ujarnya.

Ketua DPD KNPI Jawa Barat Ridwansyah Yusuf Achmad, mengutarakan dengan akan digelarnya Rapimda, tentunya akan ada estafet kepemimpinan di jajaran kepengurusan di KNPI Kota Depok.

Tentunya, Ridwan berharap, akan ada generasi pemuda yang lebih baik lagi ke depannya. “Fokus dalam mengorganisir organisasi kepemudaan yang paling seksi yaitu KNPI ini,” kata Ridwansyah.

Terlebih dia menjelaskan, karena fungsi KNPI sebagai komite yang menaungi Organisasi Kepemudaan (OKP), tentu harus yang memahami konsep organisasi secara mumpuni.

“Artinya, tidak hanya sekedar memimpin saja. Tetapi, harus paham akan sistem kepemerintahan dan sistem anggaran. Karena nantinya akan menjadi mitra pemerintahan,” tuturnya

Sementara itu, Ketua KNPI Kota Depok, Bobi Harahap mengatakan Rapimda ini sebagai langkah awal untuk penentuan musyawarah daerah KNPI Kota Depok.

“Kami hari ini menggelar Rapimda menuju digelarnya hajat menjelang pelaksanaan Musda KNPI Depok,” kata dia Sabtu (20/11/2021) di gedung KNPI jalan Merdeia Raya No.9 Kelurahan Abadijaya Kecamatan Sukmajaya Kota Depok.

Bobby mengatakan, pihaknya akan melaksanakan Rapimda. Ini untuk menguatkan kepengurusan dan sekaligus membahas Musyawarah Daerah (Musda).

“Alhamdulillah KNPI Jawa Barat bisa hadir, kita akan mengelar Musda,,” ungkap Bobby.

Kata dia, pelaksanaan Musda akan menentukan ketua yang baru. Pihaknya akan memaksimalkan syarat bakal calon, sesuai Undang-undang nomor 40 Tahun 2009 tentang mengatur usia pemuda maksimal 30 tahun.

Bahkan, ia mengatakan, bakal calon ketua KNPI Kota Depok di bawah 30 tahun. Tapi ini baru diwacanakan dan akan diusahkan mengikuti peraturan undang-undang.
“Pengurus aktif dalam organisasi kepemudaan mulai 16 hingga 30 tahun, sesuai Undang-undang,” pungkasnya.