PERSIAPKAN MTQ MAHASISWA NASIONAL 2019, UI GELAR UI QURANIC OLIMPYAD

DepokNews–Menjelang MTQ Mahasiswa Nasional tahun 2019 yang akan diadakan di Aceh, Universitas Indonesia menggelar UI Quranic Olympiad sebagai bentuk persiapan kafilah.
UI Quranic Olympiad adalah rangkaian perlombaan bidang Al Quran yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Indonesia. Persiapan MTQ Mahasiswa Nasional meliputi lomba-lomba yang diadakan yakni; Hifdzil Quran 1,2,5,10 juz, Tartil, Tilawatil, Khattil, Fahmil, KTI, Debat Inggris & Arab, dan Syarhil.
Acara yang diselenggarakan oleh LDK Nasional Salam UI ini memiliki rangkaian kegiatan bertajuk Al Qur’an dimulai dari tanggal 29 September – 13 Oktober 2018.
Rangkaian acara dimulai dengan Seminar Al Qur’an pada tanggal 29 September, bertempat di Balai Sidang UI Depok. Seminar yang bertema ‘Membangun Generasi Robbani dengan Al Quran’ ini diisi oleh pemateri menginspirasi, diantara Dr. Kh. Ahsin Sakho (Rektor Institut Ilmu Al Quran), Dr. Mohammad Nasih, M.Si (Pendiri Monash Institute), Ahmad Fanani, S.IP (Ketua PP Pemuda Muhammadiyah), Saihul Basyir, dan Wafiq Malik.
Lalu, Jum’at, 5 Oktober 2018 kemarin event syiar Al Quran terbesar di UI ini secara resmi dibuka oleh Dr. Arman Nefi, selaku Direktur Kemahasiswaan UI dalam acara Grand Opening UIQO yang bertempat di Masjid Ukhuwah Islamiyah.
Grand Opening ini tidak hanya dihadiri oleh peserta UIQO 2018, namun juga dihadiri oleh sivitas muslim UI, peserta/santri dari berbagai rumah Quran dan pembinaan di sekitar UI, dan masyarakat umum lainnya yang berjumlah sekitar 450 orang.
Pada acara pembukaan diadakan sharing inspiratif oleh Ustadz Amir Faishol Fath dan Ustadz Yusuf Mansur yang bertema ‘Membangun Karakter Pemuda Indonesia dengan Al Qur’an’. Dalam agenda bincang inspiratif Ustadz Yusuf Mansur berpesan, “Ketika kita memperbaiki hubungan kita dengan Allah dengan mendekat pada Al Quran; mempelajari tajwid, menghafalnya, mengamalkannya, di saat itu pula kita sedang memperbaiki diri kita.” Carilah kawan dan lingkungan yang baik, serta pada waktu muda ini jangan habiskan waktu untuk hal-hal tidak berfaedah.
Tanggal 6 Oktober 2018 kemarin juga sudah dilangsungkan babak penyisihan setiap lomba. Sesi final perlombaan akan dilaksanakan pada 8-13 Oktober 2018.
“Semoga dengan UIQO ini dapat menuansakan UI dengan nilai-nilai Al Quran. Dan semoga kita dapat mencari dan mempersiapkan kafilah terbaik UI untuk berlomba dalam kebaikan di MTQ Mahasiswa Nasional 2019”, pesan Dirmawa UI.