DepokNews, Tapos — TP PKK Kecamatan Tapos Kota Depok mengadakan kegiatan Tadarus Keliling (Tarling) ke seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Tapos. Tempat yang pertama kali dilaksanakan kegiatan Tarling adalah Kelurahan Sukatani, pada Senin (4/3/2022).

Acara Tadarus Keliling ini adalah program TP PKK Kecamatan Tapos Pokja-1, yaitu pembinaan Al Quran . Tujuannya adalah menumbuhkan semangat cinta Al Quran dalam keluarga . Dan mengisinya dengan kegiatan positif sesuai tema Ramadhan yang dicanangkan yaitu Bulan Ramadhan membentuk pribadi bertakwa wujudkan keluarga bahagia.

Tadarus Keliling akan berlangsung selama 7 hari dari tanggal 4 April 2022 sampai 11 April 2022 pukul 08.00-10.00 WIB.

Urutan kelurahan yang mendapat giliran Tarling adalah Sukatani, Sukamaju Baru, Tapos,
Cimpaeun, Cilangkap, Leuwinanggung, dan berakhir di Kelurahan Jatijajar.

Acara Tarling di Kelurahan Sukatani berlangsung khidmat. Warga antusias mengikuti kegiatan ini. Terlihat peserta yang didominasi oleh kaum ibu dan remaja putri memenuhi ruangan aula kelurahan. Menurut panitia ada 56 orang yang mengikuti Tarling. Para peserta yang berasal dari perwakilan 26 RW dan terbentuk menjadi 7 kelompok. Untuk giliran perdana ini Kelurahan Sukatani mendapat bagian sebanyak 6 juz dari Alquran yang ditadaruskan.

Hadir pada acara Tarling Kelurahan Sukatani, Ketua TP PKK Kecamatan Tapos Siti Mariyam, Ketua Pokja-1 Asri Peni Lestari, Ketua TP PKK Kelurahan Sukatani Dian Utami Dewi, dan pengurus PKK Kelurahan Sukatani, kelompok PKK RW, para ustadzah majelis taklim, dan perwakilan remaja.

Acara inti dimulai dengan membaca Alquran secara bergantian dalam satu kelompok disimak oleh seorang mentor dari Saqu dan peserta yang lain juga ikut menyimak.

Dari pihak PKK Kecamatan Tapos menerangkan, Tadarus keliling, selain berfungsi untuk melancarkan membaca Alquran juga untuk menjalin silaturahmi antara warga dan para aparatur pemerintahan. Selain itu juga untuk memberikan alternatif kegiatan yang positif bagi para ibu dan remaja.

“Kegiatan Tarling melibatkan anak-anak remaja ini juga bentuk perhatian untuk mengisi spiritualitas di kalangan anak remaja agar kondisi religiusnya tetap terarah,” tutur Asri Peni Lestari, Ketua Pokja-1 PKK Kecamatan Tapos.

Sementara itu Ketua PKK Kecamatan Tapos Siti Mariyam bersyukur masyarakat banyak yang mengikuti acara Tarling.

“Alhamdulillah pesertanya lumayan banyak.Terdiri dari Pokja-1 TP PKK Kecamatan, Kelurahan, RW, dan perwakilan ustadzah serta anak-anak muda dari RW 01 sampai RW 26 yang ada di Kelurahan Sukatani. Semua begitu semangat dalam mengisi kegiatan tadarus Al Quran bersama Sahabat Qur’an di bulan Ramadhan ini ,” ungkap Siti Mariyam.

Ia menyebutkan bulan Ramadhan menjadi momentum penting untuk kita giat dalam membaca Al Quran.

Siti Mariyam kemudian mengutip hadist Nabi Muhammad SAW yang bersabda bahwa
sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya. Ia berharap semua menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup.

“Dengan diadakan kegiatan tadarus ini harapan nya kita semua dapat membaca dan memahami Al-Qur’an dengan benar , sebagai pedoman hidup kita di dunia,” kata Siti Mariyam.

Sama halnya dengan Siti Mariyam, Ketua TP PKK Kelurahan Sukatani Dian Utami Dewi berharap program Tarling dapat diteruskan.

“Semoga dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat menambah keimanan dan semangat untuk mengisi bulan Ramadhan dengan hal positif terutama untuk membaca AlQuran. Dan kegiatan ini dapat diteruskan,” harap Dian Utami Dewi.

Kegiatan Tadarus Keliling berakhir pada pukul 10.00 dan ditutup dengan doa. (shl)