Depoknews, Tapos — TP PKK Kecamatan Tapos Kota Depok sukses mengadakan kegiatan Tadarus Keliling  (Tarling) ke seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Tapos. Dari tempat pertama  dilaksanakan kegiatan Tarling yaitu di Kelurahan Sukatani kemudian berlanjut ke Kelurahan Sukamaju Baru, Tapos, Cimpaeun, Cilangkap, Leuwinanggung, dan berakhir di Kelurahan Jatijajar.

Tarling atau Tadarus Keliling Al-Quran seperti diberitakan sebelumnya merupakan program TP PKK Kecamatan Tapos Pokja-1, yaitu pembinaan Al Quran. Tujuannya adalah menumbuhkan semangat cinta Al-Quran dalam keluarga.

Tadarus Keliling sudah berlangsung selama 7 hari dari tanggal 4 April 2022 hingga 11 April 2022. Kelurahan yang terakhir mendapat giliran Tarling adalah Kelurahan Jatijajar.

Acara Tarling di Kelurahan Jatijajar berlangsung khidmat. Peserta antusias mengikuti rangkaian acara. Terlihat  peserta yang didominasi oleh kaum ibu dan remaja putri memenuhi ruangan aula kelurahan. Menurut Tim Saqu, ada 100 orang peserta Tarling di Kelurahan Jatijajar yang pada hari terakhir mendapat bagian sebanyak 4 juz dari Al-Quran yang ditadaruskan sekaligus dikhatamkan.

Hadir pada acara Tarling di Kelurahan Jatijajar, Camat Tapos Abdul Mutolib, Lurah Jatijajar Mujahid, Ketua TP PKK Kecamatan Tapos Siti Mariyam, Ketua Pokja-1 Asri Peni Lestari, Ketua TP PKK Kelurahan Jatijajar Siti Mursida, dan pengurus PKK Kelurahan Jatijajar, kelompok PKK RW, para ustadzah majelis taklim, dan perwakilan remaja.

Camat Tapos Abdul Mutolib dalam

sambutannya mengajak peserta untuk menjadikan Al -Quran sebagai pedoman hidup. Ia juga mengapresiasi kegiatan tadarus keliling yang sukses diadakan oleh PKK Kecamatan Tapos bergilir di 7 kelurahan yang ada di Kecamatan Tapos.

“Mari kita yakini bahwa Al-Quran adalah satu-satunya pedoman hidup.  Pada kesempatan pagi hari ini karena ini adalah yang terakhir dari kegiatan tadarus yang dilakukan oleh teman-teman dari Saqu atau Sahabat Alqur’an, kami haturkan terimakasih kepada tim Saqu yang telah melaksanakan kegiatan ini. Juga kepada l tim penggerak PKK  baik itu PKK  kecamatan  maupun kelurahan terutama yang dimotori oleh pokja-1,” kata Abdul Mutolib di depan peserta Tarling pada Senin (11/4/2022).

Camat Tapos berharap kegiatan Tarling tidak terhenti namun terus berlanjut karena ini adalah momentum terbaik untuk membangkitkan semangat kita bersama dengan Al-Qur’an. Adapun tindaklanjutnya akan diatur oleh PKK bekerjasama dengan Saqu sehingga kemudian Tapos bisa membumikan Al-Qur’an di masyarakat.

“Mudah-mudahan Al-Qur’an terus membimbing kita. Karena pada akhirnya sebagaimana doa kita Alqur’an itu adalah hujjah.  Alquran kelak akan menjadi pembela kita ketika kita berhadapan dengan pengadilan Allah SWT,” ucap Abdul Mutolib.

Terkait acara Tarling di 7 kelurahan se-Kecamatan Tapos yang sudah terlaksana, Ketua TP PKK Kecamatan Tapos Siti Mariyam berterimakasih kepada semua pihak  yang telah membantu kegiatan tersebut.

“Kepada bapak lurah, TP PKK Kelurahan, TP PKK RW , para ustadzah. Begitu juga kepada Tim Sahabat Qur’an. Alhamdulillah acara nya berjalan dengan baik dan lancar,” kata Siti Mariyam.

Harapan Ketua TP PKK Kecamatan Tapos, agar kegiatan ini menambah ilmu dan pemahaman terhadap Al-Quran.

“Semoga dengan kegiatan ini ilmu kita bertambah. Bukan hanya membaca Al-Quran tapi juga dapat memahami perintah Allah dan larangan-Nya. Karena Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita di dunia,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Pokja-1 TP PKK Kecamatan Tapos Asri Peni Lestari bersyukur kegiatan Tadarus Keliling Al-Quran terlaksana dengan baik sesuai harapan.

“Saya bersyukur pada acara penutupan kegiatan Tarling di Kelurahan Jatijajar  antusias dari kader PKK kelurahan, PKK RW, dan juga para ustadzah sangat baik dengan total kehadiran 369 orang dari semua kelurahan,” ujar Asri pada Rabu (13/4/2022).

Menurutnya, suksesnya kegiatan Tarling juga tidak terlepas dari peran dan dukungan pemerintahan baik di tingkat kecamatan dan kelurahan sehingga kegiatan bisa berjalan lancar dan khidmat.

“Dan juga menjadi motivasi kami pengurus PKK kecamatan dan PKK kelurahan khususnya Pokja-1 untuk terus mengawal program pembinaan Al-Quran ini. Sehingga harapan dari kegiatan ini yaitu keluarga yang berketahanan dan bahagia tercerahkan dengan nilai nilai Al-Quran dapat terwujud,” kata Asri lagi.

Berdasarkan data yang disampaikan Tim Saqu, peserta tadarus keliling yang mencapai jumlah 369 orang peserta dari seluruh kelurahan.

“Peserta dari Kelurahan Sukatani 71, Sukamaju Baru 40, Tapos 29, Cimpaeun 49, Cilangkap 38, Lewinanggung 42, dan Kelurahan Jatijajar 100 Peserta,” ungkap Sayutinah, pengurus Saqu Tapos Depok.

Apresiasi diberikan oleh PKK Kecamatan Tapos dan Saqu kepada semua peserta serta penghargaan untuk kelurahan  dengan peserta terbanyak.

Kegiatan Tadarus Keliling Al-Quran  menempatkan Kelurahan Jatijajar sebagai kelurahan dengan peserta terbanyak yaitu 100 orang. Berikutnya Kelurahan Sukatani dengan jumlah peserta 71 orang, dan yang ketiga adalah Kelurahan Cimpaeun yang pesertanya berjumlah 49 orang.  (shl)