DepokNews – Tim Resque PKS Depok bekerja sama dengan tim Damkar Kota Depok mengadakan pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran pada hari Sabtu (23/10) di halaman Balai Posyandu RW 6 Kelurahan Sukamaju, Cilodong. Acara ini dihadiri oleh Camat Cilodong Supomo yang di dampingi Lurah Sukamaju Nurhadi .

Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakan Pelatihan dan Simulasi Pemadam Kebakaran bagi warga Kelurahan Sukamaju.

Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya masih sangat kurang, khususnya untuk masyarakat. Sehingga masih seringkali terjadi kejadian kebakaran yang selalu mengakibatkan banyak kerugian.

“Banyak faktor yang bisa mempercepat terjadinya bahaya api atau kebakaran bahkan ledakan, faktor-faktor tersebut kadang-kadang kurang diperhatikan oleh kebanyakan orang, padahal upaya pencegahan kebakaran lebih mudah dan lebih murah, dibandingkan upaya penanggulangannya,” jelas salah satu tim Damkar Kota Depok.

Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

“Karena itulah dalam pelatihan ini upaya pencegahan kebakaran lebih diutamakan, kami berharap dengan adanya pelatihan ini masyarakat tau bagaimana cara penanggulangan kebakaran yang baik,” Harap Ketua Sipandu Cilodong Sugeng Bhakri R.

Giat ini merupakan edukasi langsung kemasyarakat agar lebih mengetahui bagaimana cara mencegah dan menanggulangi jika terjadi kebakaran di rumah maupun disekitar.