Depoknews- Partai Keadilan Sejahtera Kota Depok hari Senin, 21 Maret 2022 menggelar acara Tarhib Ramadhan 1443 H/2022 sekaligus “Do’a Bersama untuk Depok yang Maju, Berbudaya, dan Sejahtera” secara tatap muka terbatas dengan menerapkan prosedur kesehatan Covid-19 serta secara virtual via aplikasi Zoom dan channel Youtube. Sebagai pengisi ceramah, PKS Kota Depok menghadirkan penceramah kondang Ustad Salim A Fillah.

Menurut panitia yang disampaikan langsung saat acara menyebutkan, secara virtual terpantau sebanyak 849 partisipan mengikutinya lewat aplikasi zoom dan ditonton 600 orang lewat channel Youtube.

Acara yang dimulai pukul 18 30 WIB sampai pukul 21.30 WIB ini dihadiri tatap muka terbatas oleh Pengurus DPD PKS Kota Depok Ahmad Fadjeri, Anggota DPRD Kota Depok Habib Syarif Gasim Al Attas. Tamu undangan Ketua MUI Kota Depok KH. Ahmad Dimyati Badruzaman, dan Ketua DMI Kota Depok KH. Dr. Naseri Muhammad. Tokoh PKS Musoli serta Anggota DPRD Kota Depok Adek Supriatna terpantau hadir virtual dan tidak ketinggalan penceramah Ustad Salim A. Fillah.

Acara tarhib Ramadhan dimulai dengan tilawah Alqur’an, kemudian pembacaan dzikir bersama yang dipimpin oleh Habib Syarif Gasim Al Attas.

Ketua MUI Kota Depok KH. Ahmad Dimyati Badruzaman dalam sambutannya menyebutkan keistimewaan bulan Suci Ramadhan.

“Diantaranya adalah Ramadhan adalah satu-satunya nama bulan yang disebutkan di dalam Alqur’an,” ungkap KH. Dimyati Badruzaman.

Pada puncak acara Tahrib yaitu penyampaian tausiah oleh Ustad Salim A. Fillah menjelaskan keistimewaan dan tujuan diperintahkannya ibadah puasa Ramadhan bagi orang beriman.

“Perbedaan ibadah puasa dengan umat terdahulu adalah waktu dan tata cara ibadah dari puasa itu,” kata Ustad Salim A. Fillah.

Dikemukakan oleh Ustad Salim bahwa umat sebelum diutusnya Nabi Muhammad SAW waktu berpuasanya dimulai dari bangun tidur dan sampai mendekati waktu Isya dan tanpa adanya makan sahur.

Adapun tujuan diperintahkannya berpuasa di bulan Ramadhan, dijelaskan secara rinci oleh Ustad Salim A. Fillah.

“Ada tiga tujuan dengan adanya perintah berpuasa di bulan Ramadhan yaitu membentuk pribadi yang bertakwa, membentuk pribadi yang bersyukur, dan membentuk pribadi yang mendapat bimbingan Allah SWT,” jelas Ustad Salim A. Fillah.

Sebagai penutup acara, pembacaan doa disampaikan oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Depok, KH.Dr. Naseri Muhammad. (shl)