Prodi Pariwisata Vokasi UI Ciptakan Ahli Bisnis Travel dan Event

DepokNews- Dari tahun ke tahun, Industri Pariwisata Indonesia semakin bertumbuh pesat. Peningkatan drastis tampak dari kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2018 yang tercatat mencapai 14 juta wisatawan. Demikian pula World Travel & Tourism Council (WTTC) mencatat, pariwisata Indonesia menjadi yang tercepat kesembilan di dunia, nomor tiga di Asia, dan nomor satu di kawasan Asia Tenggara. 

Ledakan pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia akan langsung berdampak pada semakin terbukanya lapangan kerja yang membutuhkan tenaga kerja ahli dan kompeten di bidang pariwisata.
Menjawab kebutuhan tersebut, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) hadirkan Program Studi Pariwisata dengan fokus peminatan pada Usaha Perjalanan Wisata dan MICE (Meetings, incentives, conferences and exhibitions). Program Studi ini terbuka bagi siswa/i SMA/Sederajat dengan jalur masuk melalui SIMAK UI yang akan dibuka pendaftarannya pada 4 Februari 2019.

Ketua Program Studi Pariwisata Vokasi UI Dr. Budiman Mahmud Musthofa, S.Sos., M.Si menuturkan pihaknya fokuskan lulusannya ke bidang Bisnis Travel dan MICE karena memang kemajuan di bidang tersebut sangat pesat. 

“Kunjungan wisata ke Indonesia bahkan diprediksi menembus angka 20 juta sampai 2019,” kata Budiman

Untuk menunjang pembelajaran, Vokasi Pariwisata bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia yang dikenal dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) dan berbagai asosiasi lainnya. 

“Dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa dapat magang di perusahaan di bawah naungan asosiasi-asosiasi tersebut serta Program Studi juga memperoleh masukan secara berkala tentang kebutuhan di industri pariwisata sehingga dapat diadaptasi dalam kurikulum,” jelasnya kembali.

Program Studi Pariwisata Vokasi UI memiliki keunggulan menghasilkan Ahli Madya Pariwisata yang dapat bersaing secara global dan memiliki kompetensi ahli, profesional dan siap diserap dunia kerja. Kurikulum di Vokasi UI menekankan pada praktik sebanyak 70% dan teori sebanyak 30%. Selain itu, Tenaga pengajar di Prodi Pariwisata Vokasi UI merupakan Para Tenaga Ahli berpengalaman serta dosen UI lintas ilmu sesuai dengan kebutuhan mata ajar.

Lulusan Program Pendidikan Vokasi Pariwisata akan memiliki kompetensi-kompetensi utama di bidang pariwisata yaitu pengelolaan usaha jasa perjalanan wisata ; penerapan konsep manajemen dalam kegiatan usaha pariwisata; penerapan konsep excellent service ; kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing dalam kegiatan usaha perjalanan wisata ; penerapan konsep sosial budaya dan ekologi, etika profesi pariwisata dalam pekerjaannya  serta kemampuan teknologi informasi dalam kepariwisataan.

Setelah mengikuti seluruh proses pembelajaran selama 6 semester, lulusan akan memperoleh minimal 1 sertifikat kompetensi  dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Universitas Indonesia yang berlaku secara nasional maupun internasional di samping ijazah Diploma Tiga Periwisata dengan gelar Ahli Madya Pariwisata (Amd.Par).(mia)

Area lampiran