Puluhan Satgas DPUPR Kota Depok Ikuti Bimtek Perbaikan Jalan

DepokNews – Sebanyak 40 Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengikuti kegiatan bimbingan teknis (bimtek) terkait metode perbaikan jalan yang digelar pihak ketiga, Kamis (22/01/24).

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas dan informasi teknologi yang terus berkembang.

Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan pengetahuan terkini, terkait teknologi perbaikan jalan dengan metode Fast Grout Rapid Setting Repair Concrete.

Metode ini merupakan teknologi terbaru yang dapat digunakan untuk memperbaiki jalan yang rusak dengan cepat dan efisien.

“Ini adalah beton instan dengan kecepatan pengerasan. Didesain agar dapat dilalui kendaraan dalam waktu tiga jam setelah penggunaan,” ujarnya, Jumat (23/02/24).

Dijelaskannya, saat ini untuk jalan di Kota Depok umumnya masih menggunakan betonisasi dan penambalan jalan menggunakan bahan dasar hotmix.

Untuk menggunakan metode baru, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, terlebih dahulu.

“Akan kami diskusikan terlebih dahulu. Yang terpenting saat ini Sumber Daya Manusia (SDM) kami sudah terupdet mengenai informasi tersebut,” terangnya.

Sementara itu, salah satu peserta bimtek, Muhamad Sholeh mengatakan, metode ini terbilang mirip. Hanya proses pengeringan yang membedakan, yaitu tiga jam setelah penggunaan, bisa dilalui.

“Secara metode sama, hanya jika ada kerusakan jalan beton, lebih ideal menggunakan metode Fast Grout Rapid Setting Repair Concrete ini,” ungkapnya.

“Menurut informasi, beberapa kota yang telah menggunakan metode ini antara lain Surakarta/Solo, Makassar, Caruban Madiun, sebagian titik Tol JORR dan Tol HK,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id