DepokNews – Rumah Al-Quran Nusantara (RQN) Kota Depok Jawa Barat menggelar acara Wisuda Tahfidz Alqur’an pada hari Minggu (5/12/ 2021) bertempat di SDIT Amal Mulia Pekapuran Tapos.

Hadir pada acara Wisuda Tahfidz RQN yakni Wakil Walikota Depok Ir. Imam Budi Hartono, Pembina Yayasan RQN Kota Depok Ustad Muhammad Nurhadi, Dewan Pengawas Yayasan Amal Mulia Insani Ustad Achmad Ahmadin M.Pdi. Dan Ustad Abdul Aziz Abdurrouf Lc. Al Hafidz sebagai pengisi tausyiah.

Acara pembukaan dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali pembacaan ayat suci Alqur’an dari wisudawan. Dilanjutkan dengan sambutan dari pembina Yayasan RQN kota Depok, Ustad Muhammad Nurhadi.

Selanjutnya Parade Tasmi’ oleh para wisudawati. Kemudian sambutan dari Ir. Imam Budi Hartono sebagai Wakil Walikota Depok. Lalu taujih atau ceramah yang disampaikan oleh Ustad Abdul Aziz Abdurrauf Lc Alhafidz.

Setelahnya, sambutan dari perwakilan wisudawan (peserta khatam tahfizh terbaru) disambung dengan Prosesi Wisuda peserta RQN Ketua RQN Kota Depok dan Musrif dan Musrifah. Pada pukul 11.15 WIB acara berakhir dengan doa penutup.

Menurut keterangan dari H. Mamuri Raskaman selaku Ketua Yayasan RQN Kota Depok, Wisuda Tahfidz ini merupakan bagian program One Family One Hafidz yang bertujuan agar satu keluarga menghasilkan satu orang tahfidz Alqur’an. Saat ini sudah ada 12 orang yang berhasil menghafal Alqur’an.

“Program One Family One Hafidz artinya satu keluarga satu Hafiz sebagai target RQN Kota Depok. Alhamdulillahi sudah mewisuda 12 peserta dari jumlah 210 peserta awal yang mengikuti program ini dari bulan November 2019,” tutur Mamuri.

“Dengan program ini kami menginginkan tidak satu rumah pun kecuali di dalamnya ada yang hapal Alqur’an,” tambahnya lagi.

Masih kata Mamuri, bahwa Wisuda Tahfidz yang diadakan oleh RQN Kota Depok sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan dari RQN Kota Depok Jawa Barat kepada pesertanya.

“Tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangannya Wisuda Tahfidz ini sebagai bentuk apresiasi kami dan penghargaan kepada 12 peserta hafidz Alquran 30 juz dan semoga menjadi penyemangat bagi peserta yang lainnya,” kata Mamuri.

Saat ini sudah dibuka kembali gelombang kedua dan terseleksi 130 peserta program One Family One Tahfidz ditambah 120 peserta yang bergabung secara online untuk menyetorkan hafalan Alqurannya.

“Semoga dengan terselenggaranya wisuda ini, makin banyak warga Depok yang menjadi penghafal Alqur’an. Dan program ini terus berlanjut didukung oleh Lembaga Zakat Sukses yang mendanai program ini. Sehingga Kota Depok semakin religius dan sejahtera Insya Allah.” pungkas Mamuri. (shl)