Sahabat Sehat Gelar Pasar Rakyat Sawangan

Sawangan – Yayasan Sahabat Sehat berkerjasama dengan Zakat Sukses menggelar Pasar Rakyat Sawangan sebagai bagian dari penyaluran dana zakat.

Selain Zakat Sukses kegiatan juga disponsori ZIS Indosat dan Baznas.

Acara digelar di halaman Kantor Kelurahan Sawangan Kota Depok. Hadir di acara tersebut, Walikota Depok Muhammad Idris, Camat Sawangan Anwar Nasihin, Lurah Sawangan Lama Ahsan Hariri, Lurah Sawangan Baru Rahwana, Lurah Bedahan Ahsonif.

Selain itu hadir juga Ketua Zakat Sukses Sawangan, Arif Budiman dan Ketua Sahabat Sehat Daud Maulana.

Acara juga dimeriahkan dengan kegiatan bazaar produk UMKM Sawangan Depok yang diikuti sekitar 35 stand. Ada juga pemeriksaan kesehatan gratis.

Acara Pasar Rakyat diawali dengan pelaksanaan senam sehat.

Dalam sambutannya, Walikota Idris menyampaikan dua hal terkait UMKM di Kota Depok. Yakni tentang angka pengangguran di Depok yang turun dua persen serta program pemberdayaan UMKM.

“Sesuai janji kampanye Idris-Imam kami sudah menjalankan program 5.000 pengusaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha. Alhamdulillah program itu sudah berdampak bagi masyarakat,” kata Walikota Idris.

Idris memaparkan angka pengagguran di Depok menyentuh angka 9,81 persen. Setelah digelar program wirausaha baru angka tersebut turun menjadi 7,51 persen.

“Pandemi memiliki dampak yang luar biasa. Alhamdulillah kita sudah bisa keluar dari kondisi sulit tersebut,” ujar Idris.

Terkait dengan permodalan, Idris juga menyinggung terkait pemberian kredit tanpa bunga. “Kami sedang mrngajukan supaya APBD bisa menanggung bunga sehingga para pelaku UMKM tidak perlu menanggung bunga kredit,” papar Idris.

Pemkot Depok juga sudah merilis aplikasi D’Kerens sebagai dashboard database pelaku UMKM di Kota Depok.

Sementara itu Camat Sawangan, Anwar Nasihin dalam sambutannya mengatakan zakat dan pemberdayaan ekonomi memiliki kaitan erat. “Pemanfaatan dana zakat ini bisa disinergikan dengan pemberdayaan ekonomi dan UMKM,” ujarnya.

Acara Pasar Rakyat Sawangan juga membagikan voucher kepada para duafa sebanyak 3.200 voucher. Para duafa juga tampak antusias menukarkan voucher untuk dibelikan produk UMKM Sawangan.