SDIT Al Hikmah Depok Menerapkan konsep PIBeR di Ramadhan

DepokNews–(24-04-2020)Alhamdulillah setelah mengikuti kuliah whatsapp tentang Konsep Pendidikan Interaktif Berbasis Rumah (PIBeR) JSIT yang diikuti oleh SDML Yayasan Al Hikmah Cipayung Jaya Depok. Setelah berkonsultasi dengan ketua Yayasan Al Hikmah Cipayung Jaya, segeralah melangkah dengan berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk menyampaikan arah kebijakan berdasarkan hasil evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama 2 pekan, bahwa siswa, guru dan orangtua sudah mulai bosan dan monoton dengan kegiatan PJJ yang melulu lebih banyak target akademik, materi terselesaikan dengan penugasan mengerjakan soal dibuku cetak. Setelah dua pekan PJJ dan diakhiri dengan adanya Pekan Evaluasi PJJ, maka momen yang baik selanjutnya adalah merubah strategi PJJ nya dengan menerapkan Praktik baik PIBeR JSIT.

Awalnya para ketua gugus diberi arahan tentang PIBeR kemudian diberikan contoh modul praktik baik yang bisa dimodifikasi berdasarkan kekhasan sekolah masing-masing.

Alhamdulillah pastinya kami senang mendapatkan ilmu baru, belajar baru, belajar disain modul. Dalam proses pembuatan modul, lelah pastinya ada karena di kejar batas waktu. Kolaborasi yang keren inilah kemudian bermunculan ide-ide kreatif dari para guru di gugus 1 ini. Tutur Iin Sumiyati, ketua gugus 1 SDIT Al Hikmah Depok.

Langkah-langkah sebelum menentukan proyek kegiatan siswa, ditentukan terlebih dahulu tema per 3-4 hari. Walau work from home, para guru masih tetap bisa berkoordinasi dalam jaringan, semangat menuntaskan beberapa modul. Testimoni dari beberapa orangtua, anaknya jadi tambah suka belajar, menunggu modul selanjutnya. Mereka mengira-ngira kegiatan apa lagi yang dikemas oleh gurunya, tulis seorang ibu Ketika ditanya bagaimana kegiatan PJJ setelah Pekan Evaluasi Jarak Jauh.

Ramadhan pun tiba, modul PJJ pun bertemakan Ramadhan. Kepala sekolah memberikan hasil koordinasinya dengan para kepala gugus kelas 1-6 yaitu tema Pembelajaran Jarak Jauh di Ramadhan (PJJR). Guru-guru menjadi lebih kreatif mengeluarkan ide-ide proyek kegiatan yang akan menyenangkan tentunya bagi siswa. Kegiatan Ramadhan bersama Ayah bunda di rumah saja. Ujar Vera Apnia selaku Kepala SDIT Al Hikmah Depok ketika dihubungi melalui telepon whatsapp.

Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Ramadhan di SDIT Al Hikmah Depok akan dimulai tanggal 27 April sampai dengan 20 Mei 2020. Setiap modul terdiri dari pendahuluan, proyek kegiatan, target amaliyah Ramadhan, ceklist pembentukan karakter dengan pembiasaan Islami dan refleksi.

Demikianlah berita terbaru yang akan segera dirilis oleh SDIT Al Hikmah mengenai kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh di Ramadhan hasil kolaborasi konsep PIBeR JSIT yang disesuaikan dengan kekhasan SDIT Al Hikmah Depok. Bismillah.