Depok News

Selama 14 Hari Akan Digelar Operasi Zebra

DepokNews–Operasi Zebra Jaya 2019 Satlantas Polres Metro Depok, menurunkan puluhan personil gabungan dalam upaya melakukan penegakan hukum pelanggar lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Sutomo mengatakan menurunkan sebanyak 80 personil gabungan semua satuan fungsi dan pendukung seperti Satpol PP, Dishub, dan TNI.

Pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2019 ini selama 14 hari mulai hari ini Rabu sampai Rabu (5/11) dengan target operasi Jalan Margonda dan lokasi lainnya.

“Untuk tingkat pelanggaran lawan arus dan penggunaan jalur bukan peruntungan jenis kendaraan misal jalur cepat khusus mobil kadang motor masih nyelonong di Jalan Margonda kita prioritaskan menjadi target operasi dan wilayah lainnya juga jajaran Polres,”katanya.

Sasaran dalam operasi kali ini motor dan mobil serta angkutan umum yang melanggar aturan tertib berlalulintas.

Jadi ada 12 tingkat pelanggar yang menjadi sasaran kita dalam operasi Zebra kali Ini, yaitu pengendara yang tidak memiliki SIM,

Pengendara motor dan mobil tidak mempunyai kelengkapan stnk, melawan arus,tidak menggunakan helm SNI mengemudikan kendaraan tanpa sabuk pengaman,menggunakan hp saat mengemudi, berkendara dibawah umur, motor berboncengan tiga orang, kendaraan mobil atau lebih tidak layak jalan, kendaraan kelengkapan standar, mengemudi dibawah pengaruh alkohol,kendaraan memasang rotator atau sirine bukan peruntukannya.

Tujuan kegiatan ini lanjut Kompol Sutomo supaya penyelenggaraan Operasi Zebra Jaya dapat berjalan optimal juga masyarakat dapat meningkatkan kepatuhan serta tertib berlalu lintas.

“Kali ini kita kedepankan giat penegakan hukum (represif) sekitar 60 persen yang melanggar dan berpotensi memicu kemacetan, serta 20 persen untuk prepentif dan 20 persen peemtif,”katanya.

Exit mobile version