Tapos – Unit Perempuan Ketahanan Keluarga (UPKK) PKS Kelurahan Cimpaeun melakukan kunjungan silaturahmi ke tokoh agama masyarakat Cimpaeun, Ustadzah Siti Habibah Nurjanah S.Sos.i di kediamannya di RW.10 Cimpaeun Kecamatan Tapos Kota Depok pada Sabtu (5/2/2022).

Pengurus UPKK Cimpaeun yang diwakili Asri Peni Lestari mengatakan, kunjungan tersebut sebagai kunjungan pembuka di sela-sela kesibukan Ustadzah Habibah sebagai penyuluh agama di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tapos.

“Sabtu sore kami dari UPKK PKS Kelurahan Cimpaeun menyambangi kediaman Ustadzah Habibah yang teduh dan bersahaja di RW.10 Cimpaeun. Mengawali obrolan hangat dan santai ternyata beliau orang asli Cipayung Depok dan suaminya berasal dari Jawa Tengah tepatnya di Pati,” kata Asri.
“Putra beliau empat orang. Saat ini ada yang sedang mondok di Jawa Tengah,” tambah Asri.

Lebih Lanjut Asri menuturkan, sambil ditemani suguhan sore, Ustadzah Habibah menyampaikan dirinya bertugas di KUA Kecamatan Tapos sebagai Penyuluh Agama Islam Fungsional.

“Beliau sampaikan bahwa KUA Kecamatan Tapos terpilih sebagai KUA percontohan yang masuk dalam program revitalisasi KUA dari sekian ribu KUA yang ada di Provinsi Jawa Barat,” ungkap Asri.

Mewakili Pengurus UPKK Cimpaeun Asri kemudian menjelaskan program-program yang disebutkan Ustadzah Habibah sebagai program unggulan.

“Program unggulannya antara lain yaitu penyuluhan pada 1000 hari pertama kelahiran di mana sasarannya adalah orang tua yg mempunyai anak sampai usia tiga tahun dimana pada usia ini adalah golden age yang harus mendapat perhatian maksimal dari para orang tua untuk tumbuh kembangnya di masa mendatang,” jelas Asri.

Tuturnya lagi, program berikutnya yakni pemberdayaan ekonomi melalui zakat yang dikelola oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Dan terakhir, program penyuluhan terkait remaja pada saat pra nikah untuk persiapan memasuki jenjang pernikahan.

“Beliau berharap manfaat program-program tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat di Kecamatan Tapos,” imbuh Asri.

Pada kesempatan yang sama Ketua UPKK PKS Kelurahan Cimpaeun Biana Septradani yang akrab dipanggil Ibu Dani juga menyampaikan program-program Rumah Keluarga Indonesia (RKI) yang bisa berkolaborasi dengan program-program KUA.

“Dengan semangat yang sama yaitu untuk memberi sebanyak-banyaknya manfaat kepada masyarakat, kami sepakat melanjutkan kunjungan ini pada kegiatan-kegiatan nyata di lapangan tanpa mengurangi rasa kebersamaan kami sebagai sesama warga Kelurahan Cimpaeun,” kata Buana Septradhani. (apl)