SMAIT Al Haraki Depok Menggelar Munaqosyah Al-Qur’an

DepokNews -SMAIT Al Haraki terus mendorong kualitas pendidikan dengan mengintegrasikan kegiatan menghafal Al-Qur’an sebagai salah satu bagian vital dari pendidikan di lingkungan sekolah. Dalam menjalankan misi ini, SMAIT Al Haraki memfokuskan mata pelajaran Al-Qur’an dengan tujuan menghafal 1 juz dari surah Al-Baqarah, memberikan dimensi mendalam pada pemahaman dan interaksi siswa dengan Al-Qur’an.

Lebih dari sekadar kegiatan menghafal, sekolah ini juga menekankan cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai makhroj, serta memahami hukum tajwid yang berlaku. Hal ini menciptakan pendekatan holistik dalam pendidikan Al-Qur’an, yang tak hanya menghasilkan hafalan tetapi juga pemahaman yang lebih dalam terhadap kitab suci.

Sebagai langkah puncak dalam kewajiban siswa untuk menghafal Juz 1 Al-Qur’an, SMAIT Al Haraki menggelar kegiatan ujian kelulusan hafalan Al-Qur’an yang dikenal sebagai “MUNAQOSYAH.” Kegiatan ini. dirancang untuk menguji kemampuan hafalan seluruh siswa/i level 12 sebelum melangkah ke tahap berikutnya dalam pendidikan mereka.

Kegiatan Munaqosyah ini bertujuan menciptakan generasi siswa SMAIT Al Haraki yang cinta pada Al-Qur’an, mencintai alam semesta beserta isinya dan bisa menerapkan setidaknya 4 karakter siswa SIT Al Haraki yaitu berakhlak kokoh, berkarakter mandiri, bertanggung jawab penuh, dan berkepribadian tangguh.

Munaqosyah Al-Qur’an bukan hanya ujian hafalan semata, tetapi juga sebuah acara seremonial yang memperkuat rasa cinta kepada Al-Qur’anmencintai alam semesta beserta isinya dan bisa menerapkan setidaknya 4 karakter siswa SIT Al Haraki yaitu berakhlak kokoh, berkarakter mandiri, bertanggung jawab penuh, dan berkepribadian tangguh.

Acara seremonial ini, yang dihadiri oleh orang tua siswa, berlangsung pada hari Sabtu, 11 November 2023, dengan tema “Menggapai Sukses dengan Al-Qur’an.”

Pada momen ini, hadir pula jajaran direksi SIT Al Haraki dan Manajemen SIT Al Haraki menyaksikan prosesi seremonial Munaqosyah dari awal hingga akhir. Suasana penuh haru dan rasa bangga menyelimuti seluruh prosesi uji sambung ayat, yang menjadi sorotan utama bagi seluruh orang tua siswa. Sementara itu, peserta Munaqosyah Al-Qur’an terdiri dari siswa level 12 angkatan Aztrosation, tampak antusias menghadapi tantangan ujian.

Saat acara tersebut, disampaikan pula prestasi siswa di bidang hafalan Al-Qur’an. Ada tiga kategori prestasi yang menjadi kebanggan: Penghafal Terbaik diraih oleh Ananda Aisha Rahma, Penghafal Terdisiplin diraih oleh Ananda Muhammad Hafiz, dan Penghafal terbanyak diraih oleh Ananda Nayla Azzah.

“Harapan kami, semoga dengan kegiatan Munaqosyah ini, tidak hanya siswa yang mengikuti, namun juga seluruh tamu yang hadir semakin tumbuh cintanya terhadap Al-Qu’ran,” pesan Waka Bidang Humas SMAIT Al Haraki.

Published
Categorized as Pendidikan