SMAIT Nurul Fikri Raih Peringkat Pertama UTBK Tertinggi Kota Depok Versi LTMPT

DepokNews – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi merilis daftar 1000 sekolah terbaik di Indonesia dengan nilai UTBK (Ujian Tulis Komputer) tertinggi tahun 2022. SMAIT Nurul Fikri berada di posisi nomor satu terbaik untuk tingkat Depok, urutan ke-18 secara provinsi dan ke-123 secara nasional.

SMAIT Nurul Fikri menjadi yang terbaik dalam perolehan rerata nilai UTBK pada Seleksi Bersama Masuk Pergguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022. Dengan total nilai 572,332, SMAIT Nurul Fikri berada pada peringkat pertama se-Depok.

Kepala Sekolah SMAIT Nurul Fikri, Muhammad Furqon, ia bersyukur atas prestasi yang diraih oleh SMAIT Nurul Fikri. Furqon berharap tahun depan mampu masuk 100 besar untuk skala Nasional.

“Alhamdulillah SMAIT Nurul Fikri tahun ini berdasarkan hasil UTBK yang dilaksanakan oleh LTMPT, kita mendapatkan peringkat 123 dari 1.000 sekolah secara nasional, tahun lalu kita peringkat 165. Untuk tingkat Depok, Alhamdulillah kita pertama, di Jawa Barat kita peringkat 18. Kami harapkan bantuan doa dan support terus,” terang Furqon.

Ketika masuk ke sekolah terbaik, maka ada kesempatan siswa meraih 1 kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Furqon mengatakan, SMAIT Nurul Fikri sudah melakukan beberapa perencanaan untuk untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan sekolah yang ia pimpin.

“Alhamdulillah kegiatan persiapan untuk sukses 12 tahun 2023 sudah kita lakukan sejak bulan Agustus dan terus menguat sampai nanti menjelang pelaksanaan UTBK,” lanjutnya.

Salah satu program untuk menyukseskan UTBK ialah memberikan pelatihan kepada para guru untuk persiapan UTBK sehingga para guru bisa memberikan trik dan tips sukses UTBK kepada para siswanya. Kedua, bekerja sama dengan Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri (BKB NF).

“Langkah kami berikutnya yaitu bimbingan dan konsultasi belajar secara mandiri kita lakukan di sekolah oleh guru-guru kami, tapi tentu saja ini kerja sama dengan BKB Nurul Fikri yang selama ini sudah terjalin dan tahun ini kita memberikan beberapa penguatan (seperti) jumlah try out, modul dan seterusnya,” tandas Fuqon.

Nilai UTBK 2022 dihitung berdasarkan hasil 60% Tes Potensi Skolastik (TPS) dan 40% Tes Kemampuan Akademik (TKA). Tiap nilai tes diambil berdasarkan rerata tiap peserta di sekolah. Khusus peserta yang mengikuti Ujian Campuran, nilai TKA-nya diambil yang tertinggi.