SMP dan SMA Ar-Ridha Al Salaam Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Walaupun kondisi Pandemi Covid-19, Guru dan OSIS SMP dan SMA Ar-Ridha menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober.

Peserta Upacara Hari Kesaktian ini dihadiri oleh Kepala SMP dan SMA, Guru-guru serta siswa yang diwakili oleh pengurus OSIS SMP dan SMA Ar-Ridha Al Salaam. Upacara kegiatan Hari Kesaktian Pancasila dipimpin oleh Suryadi sebagai Inspektur.
Pembina OSIS SMP Ar-Ridha Al Salaam, Fachri mengatakan, hari ini adalah tahun kedua kita tidak bisa melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagaimana di tahun sebelumnya.


“Upacara bendera dimulai pukul 08.00 dengan petugas upacara dari OSIS, dan peserta yang terbatas yaitu guru-guru serta OSIS,” ujar Fachri Jumat (01/01/2021).
Fachri melanjutkan, walau Covid-19 telah membuat jarak fisik dan dengan segala keterbatasan kondisi, namun itu tidak memutuskan harap dan melemahkan asa jiwa muda yang sedang berjuang mencapai cita.


Sementara itu, Suryadi, Guru SMP dan SMA Ar-Ridha Al Salaam yang bertugas sebagai Inspektur Upacara dalam amanahnya mengatakan, kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena rahmat-Nya yang telah memberikan bangsa Indonesia masih tetap kokoh dengan Ideologinya yaitu Pancasila.
Dia menambahkan, Pancasila tentunya berperan penting bagi kehidupan bangsa dan negara Indonesia, oleh karenanya Pancasila sangat perlu dipertahankan sebagai Ideologi negara.


Selain itu, untuk dapat mempertahankan Pancasila kata dia, yang terpenting adalah menghayati dalam kehidupan sehari-hari filsafat Pancasila secara komprehensif dan holistik.
“Mudah-mudahan Pancasila tetap kokoh untuk selamanya, Mudah-mudahan Bangsa Indonesia tetap jaya selamanya dengan falsafah Pancasila,” tandas Suryadi.