DepokNewsTapos – Pokja 1 Tim Penggerak PKK Kecamatan Tapos Kota Depok mengadakan inovasi pembinaan dan pendampingan program unggulannya yaitu Pola Asuh Anak dan Remaja, inovasi Gercep Ceting Surga (Gerakan Cepat cegah stunting bersama tutor keluarga) dan Cawan Kasih (Capai keluarga rawan dengan tanda kasih) yang dilaksanakan pada Rabu (23/2/2022) di Kantor Kelurahan Tapos Kecamatan Tapos Kota Depok. Diikuti oleh seluruh ketua Pokja 1 Kelurahan se-Kecamatan Tapos yang berjumlah 7 perwakilan.

Menurut keterangan yang diterima redaksi dari Ketua Pokja1 PKK Kecamatan Tapos Asri Peni Lestari, kegiatan dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Kecamatan Tapos Siti Mariyam, Ketua TP PKK Kelurahan Tapos Rohmah, dan setiap kelurahan mengirimkan satu perwakilan. Kecuali Tim Penggerak PKK Kelurahan Tapos yang hadir full tim karena sebagai tuan rumah.

Asri menjelaskan, kegiatan pembinaan dan pendampingan tersebut dalam rangka mensosialisasikan program unggulan Pokja 1 Kecamatan Tapos untuk dijalankan kader PKK sampai tingkat bawah.

“Program Unggulan merupakan ciri khas Gerakan PKK untuk mencapai visi dan misinya, dalam hal ini yang nantinya dilaksanakan oleh Pokja1 Tim Penggerak PKK Tingkat Kelurahan sampai kepada Kelompok-kelompok PKK di tingkat RW/Poktan sesuai dengan peran, fungsi, dan kapasitasnya masing-masing,” ujar Asri kepada Depoknews (26/2/2022).

Masih kata Asri, program unggulan ini dikategorikan sebagai program prioritas. Program unggulan yang dimaksud adalah: Pola asuh anak dan remaja, inovasi kegiatan pokja 1 mendukung D’Sunting Menara, penyuluhan PAAR kepada keluarga stunting, dan pemberian sembako atau pangan sehat untuk balita stunting ( dari warga untuk warga).

Pada kesempatan tersebut peserta diberikan arahan dan pembinaan dari Pengurus Pokja1 TP PKK Kecamatan Tapos yakni Asri Peni Lestari dan Titin Komariah.

Pada sesi 1, Ketua Pokja1 Asri Peni Lestari menyampaikan kepada Pokja 1 kelurahan untuk aktif berkordinasi dengan pihak kelurahan yakni kasie kemas dalam pelaksanaan kegiatan terkait program unggulan Pokja 1 dengan melibatkan ketua Poktan PAAR dan ketua majelis taklim sebagai sasaran TOT yang diharapkan akan bisa meneruskan program unggulan ini kepada warga dan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Sedangkan Sekretaris Pokja1 Titin Komariah pada penyampaian materi ke-2 mengutarakan, masih perlunya peran kader dalam memberikan edukasi kepada para remaja dan juga orangtuanya, agar mereka menjadi generasi penerus yang sehat lahir bathin. Peran pokja 1 kelurahan dan kecamatan dalam menyukseskan program zero stunting di Depok melalui program prioritas PAAREDI kepanjangan dari Pola asuh anak remaja era digital.

Titin Komariah juga mengangkat isu ketahanan keluarga yang menurutnya masih perlu menjadi perhatian, karena angka perceraian di Depok masih termasuk tinggi. Diharapkan dengan adanya ketahanan keluarga, mampu menjadikan orang tua yang berkualitas baik secara fisik dengan asupan nutrisi yang baik dan juga secara mental dengan pendidikan moral.

Asri menutup keterangannya dengan menginformasikan, agenda terdekat POKJA I PKK Kecamatan Tapos berikutnya adalah melakukan kunjungan ke TP PKK Kelurahan Leuwinanggung untuk diberikan pembinaan dan pendampingan. (shl)

Previous articleDipimpin Moh. Hafid Nasir, Fraksi PKS DPRD Kota Depok Kunjungi Setu Tujuh Muara Sabojong dan Lokasi Rencana Alun-alun Kota Depok Wilayah Barat
Next articleKirim Jeniper, PKK Kecamatan Tapos Ikuti Lomba Kader PKK se-Kota Depok