Oleh : Mohammad ldris AS
Walikota Depok

Ramadhan merupakan bulan kesabaran dan balasan kesabaran adalah surga.

Ramadhan merupakan bulan santunan, Allah melapangkan rezeki setiap hamba-Nya.

Barangsiapa yang memberikan hidangan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka akan diampuni dosanya, dan dibebaskan dari belenggu neraka, serta mendapatkan pahala setimpal dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa tersebut.
(HR Khuzaimah).

Potongan sabda, Rasulullah Muhammad Saw
di atas menjelaskan betapa santunan dan kedermawanan merupakan ibadah sosial yang bernilai lipat ganda di sisi Allah SWT.

Sebagaimana dijelaskan, bahwa santunan dikaitkan dengan kesabaran dan karunia rejeki dari Alloh SWT.,
Artinya bahwa pemberian santunan memang memerlukan kesabaran dari pelakunya, sabar dalam ketaatan kepada Alloh, sabar dalam mengalami musibah; mungkin orang kaya sedang dalam kesulitan di masa pandemi atau dampak pandemi, tetapi karena kesabarannya dia bertekad tetap memberikan santunan kepada mereka yang membutuhkan, karena merasa kondisinya masih jauh lebih baik dari kondisi mereka yang miskin papa.

Demikian pemberian santunan dikaitkan dengan pernyataan rahmat Allah di bulan Ramadhan akan tersalurkan kepada hambaNya yang  beriman, hal tersebut tentunya disikapi dengan rasa syukur kepada-Nya, dengan memberikan santunan kepada yang lebih membutuhkan uluran tangan kedermawanan

Wassalam.

(shl)