Tebing Perumahan di Sukamaju Longsor, Timpa Rumah Warga

DepokNews–Hujan yang mengguyur Kota Depok pada Rabu (20/2) mengakibatkan turap tebing di perumahan Cluster Azzura di RW 06 Kelurahan Sukamaju longsor dan menimpa rumah serta merendamkan puluhan rumah di komplek Tirta Mandala

Lurah Sukamaju, Nurhadi, peristiwa itu terjadi saat sedang turun hujan deras dari .

Turap pinggir tebing Perumahan Azura longsor tiba-tiba longsoran dan puing tebing menutup Kali Jantung yang ada di bawahnya hingga air meluap dan membanjiri puluhan rumah warga di Tirta Mandala.

“Dari data sementara ada dua rumah yang rusak dan satu balai RW akibat terkena jatuhan puing turap,”ujarnya di lokasi kejadian.

Sementara itu Hadi, rumah yang tergenang air luapan Kali ada di Blok E1 jumlah puluhan rumah yang ada di sekitar lokasi kerendam air.

“Untuk evakuasi kita sudah menghubungi PUPR untuk segera menurunkan belco untuk mengevakuasi material yang menutup kali untuk agar kembali normal lagi,”tambahnya.

Pihak dari Cluster Azura telah mendatangi rumah warga yang rusak.

Terpisah Kapolsek Sukmajaya Kompol IGN Bronet Ranapati mengatakan setelah melakukan pengecekan langsung ke TKP tidak ada korban luka.

“Dari peristiwa ini hanya kerugian rumah warga yang rusak terkena jatuhan puing material turap. selain itu turap yang jebol setinggi 10 meter panjang hampir 10 meter,” jelasnya.

“Antisipasi kejadian tidak diinginkan petugas akan kita siagakan di lokasi selama keadaan normal kembali.”katanya.

Salah satu pemilik rumah yang rusak yaitu minah,50, mengatakan akibat longsoran tebing kamar anaknya mengalami rusak berat tertiban material batu turap yang jebol.

“Saat kejadian terdengar suara gemuruh lalu tiba-tiba turap rubuh setelah itu kita semua keluar rumah dan tidak ada korban,”katanya.

Hingga saat ini para petugas sedang membersihkan puing-puing yang menutup Kali Jantung agar pemukiman di lokasi lain tidak kebanjiran.

Sementara itu Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok R Gandara Budiana membenarkan adanya kejadian tersebut.