Kepala SatuanLalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Depok,Kompol Jhoni Eka Putra saat melakukan sosialisasi di Jalan Margonda Raya. (Foto : Istimewa)

DepokNews – Kasat Lantas Polres Metro Depok Jhoni Eka Putra menyatakan bahwa informasi pemberlakuan ganjil genap akan mulai dilakukan pada 28 November ini itu tidak benar.

Ia menuturkan hasil kesepakatan bersama melalui rapat antar instansi yaitu Dishub, Pol PP, TNI, Perwakilan Lurah, bahwa ganjil genap tetap akan dilaksanakan pada 4 Desember 2021.

“Banyak masyarakat mempertanyakan sebaran informasi pada 28 November baru akan dilaksanakan ganjil genap, sekali lagi itu tidak benar,”katanya.

Ia juga menjelaskan anggota akan membantu untuk mensosialisasikan terlebih dahulu gage ini kepada masyarakat selama seminggu.

“Pemberlakuan ganjil genap ini hanya berlaku khusus bagi kendaraan mobil pribadi sedangkan untuk motor belum. Jalurnya adalah di Margonda,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono mengatakan setelah melakukan duduk bersama antar semua dinas terkait terutama Polres Metro Depok telah ditetapkan akan mulai diberlakukan Ganjil Genap pada 4 Desember 2021 .

“Ya sudah ada hasil keputusan kesepakatan bersama bahwa pada tanggal 4 Desember akan dilakukan uji coba penerapan sistem ganjil genap khusus di Jalan Margonda,” ujarnya di sela pembukaan acara MTQ XXII di Lapangan Wisma Cakra Limo, Kota Depok, Rabu (24/11/2021) siang.

Ia juga menuturkan sebelum penerapan ganjil genap diberlakukan pihaknya akan meworo-woro informasi melalui media massa dan online juga.

“Tujuannya supaya jika nanti sudah diberlakukan ganjil genap disosialisasikan di media tidak akan kaget lagi. Pemberlakuan ganjil genap ini sementara hanya berlaku buat mobil dulu, motor tidak,” ungkapnya.

Selain itu diharapkan dengan pemberlakuan ganjil genap ini, lanjut IBH, meminta untuk warga Kota Depok untuk mulai membiasakan diri untuk baik kendaraan angkutan umum.

“Paling tidak keuntungan yang dapat diambil membuat pemasukan angkutan umum dan angkot yang ada nanti akan bertambah seiring akan berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi salam mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Kota Depok khususnya Margonda setiap hari libur atau wekeend,” tambahnya.