Menu

Dark Mode
Imam Budi Hartono-Ririn Farabi: Perhatian Khusus untuk Pemberdayaan Perempuan Pengusaha Peringati HSN, Komunitas Sedekah Jumat Depok Berbagai Kacamata Gratis Kepada Santri Peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Depok Berlangsung Meriah dan Hikmat Lingkar Aktivis UI Rilis Survei Terbaru: Imam Budi Hartono-Ririn Farabi Unggul Workshop Dikpol Golkar Bojongsari: Membangun Kepemimpinan Politik yang Cerdas dan Inspiratif PELATIHAN PENULISAN BUKU LITERASI BUDAYA PADA UPACARA KAMPUNG ADAT URUG KABUPATEN BOGOR

Hikmah

Teruntuk Ibu

badge-check

Oleh : Gina Tazkiyatun Nufus

      Ibuku sayang, dihari istimewa mu , aku masih bingung harus memberi apa . Engkau yang selalu mensyukuri segala karunia-Nya. Tidak pernah merasa berkekurangan , meski disaat sulit . Dikala kita di pisahkan oleh jarak seperti ini , izinkan aku mengawali catatan pemikiranku dengan menuliskan surat untukmu .Meski aku tahu tak ada kalimat yang cukup indah untuk menggambarkan kasih sayangmu , tak ada Bahasa yang cukup luas untuk bisa melukiskan pengorbanan demi pengerbanan yang telah engkau lakukan tanpa rasa lelah .

       Engkau membisikan do’a sambil mengelus perutmu ,menungguku hadir ,tak sabar mendengar tangis pertamaku , engkau hampir meregang nyawa demi menghadirkanku ke bumi . dan ketika aku lahir , engau tidak pernah mengeluh saat membersihkan kotoranku , tidak sama sekali . seiring waktu engkau tetap saja menjadi seseorang yang tidak pernah lupa mendoakanku dalam setiap ibadahmu .

      Tatkala kecil dulu , betapa kesalnya diriku saat engkau tidak bisa memberikan barang yang ku mau , Padahal entah kapan aku melakukan apa yang kau mau , aku marah karena engkau memberi hadiah yang tak sesuai harapanku , tetapi aku tidak tahu bahwa engkau membungkus hadiah itu dengan penuh kasih sayang . engkau tidak pernah meminta banyak dariku, sepertinya aku terlalu sibuk membahagiakan diriku sendiri . lantas , kapan aku membuktikan rasa sayangku padamu ? saat engkau sudah terlalu tua ? saat engkau sudah sakit sakitan ? bagaimana jika aku terlambat ?

      Ah ,ibu . Tiap ulang tahun mu datang , aku membenci hari tersebut,sungguh. Mengetahui uban dan keriputmu semakin banyak , sementara aku mengeluh atas segala kekuranganmu tanpa menyadari segala kekuranganku sendiri . betapa jarangnya aku berterima kasih atas segala perjuanganmu untuk membesarkanku hingga aku bisa menjadi diriku hari ini .engkau adalah orang yang selalu berkata “ jangan bilang ‘tidak bisa’ “ . engkau adalah orang yang selalu membuatku semangat untuk berfikir lebih bijak dan berbuat lebih baik lagi .

     Apa artinya pergi , jika engkau menjadi tempatku pulang ? apa artinya sakit , jika engkau tak menjadi malaikat penyembuhku ? dan apa artinya aku , jika tidak mampu lagi membuatmu tersenyum ? ibu maafkan untuk segalanya . Izinkanlah aku menebus dosaku yang terlampau banyak , berusaha sekuat tenaga meski takan mampu mengganti semua kasihmu . membahagiakanmu sampai salah satu dari kita dipanggil oleh–Nya . berulangtahunlah selamanya , agar aku mampu menatapmu sepanjang usia .

Aku menyayangimu ,Ibu …

Facebook Comments Box

Read More

ONE DAY FOR PALESTINE : Wujud Cinta Anak-anak Sekolah Alam Al-Fazza Untuk Palestina

19 August 2024 - 15:22 WIB

Khataman Quran Menjadi Tradisi Bangsa Indonesia

24 March 2024 - 12:59 WIB

Minta Ampunlah Kepada Allah di Bulan Ramadhan ini

14 March 2024 - 11:09 WIB

Ramadhan itu Dahsyat

12 March 2024 - 13:01 WIB

Doa untuk Memohon Kemudahan dalam Menghadapi Masalah

16 October 2023 - 16:02 WIB

Trending on Hikmah