Tim Buser Efektif Disiplinkan Pembuang Sampah Sembarangan

DepokNews —  Tim Buru Sergap (Buser) Pembuang Sampah Liar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok cukup efektif dalam mendisiplinkan pembuang sampah. Hal itu dinyatakan oleh Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok Kusumo, bahwa tim buser telah berhasil mengamankan sebanyak 135 orang pembuang sampah liar saat patroli rutin selama bulan Oktober 2017.
“Pada Oktober ini, sudah ada sebanyak 135 orang yang kami amankan karena membuang sampah sembarangan. Mereka yang terjaring, kami serahkan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok untuk didaftarkan di pengadilan dan mengikuti sidang tindak pidana ringan (tipiring),” ujarnya, Senin (30/10/2017).
Dikatakannya lebih lanjut, terdapat pembuang sampah liar tersebut 70 persen orang luar Depok, dan hanya 30 persen yang warga Depok. Lokasi yang sering ditemui pembuang sampah liar seperti di Jalan Margonda, Juanda, Jalan Tapos, Jalan Raya Bogor, underpass, dan jalan utama lainnya.
“Pada tahun ini, 70 persen yang terjaring adalah warga luar Depok. Umumnya mereka sekalian melintas wilayah Depok. Misalnya warga Bogor, Ciputat, Tangerang, Bekasi, dan wilayah lainnya. Setelah diinterogasi, memang ada unsur kesengajaan,” tambahnya.
Untuk efektivitas kinerja, tim Buser akan melakukan operasi tangkat tangan (OTT) sepanjang hari di beberapa titik yang dianggap rawan pembuang sampah liar. Kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan Depok sebagai kota yang bersih dari sampah sesuai target Zero Waste City yang telah dicanangkan.
“Jam rawan pembuang sampah liar beraksisekitar pukul Pukul 02.00 WIB sampai 03.00 WIB dini hari. Namun, dengan kurang lebih 100 orang Tim Buser yang kami miliki, setiap titik tidak luput dari pengawasan. Melalui aksi ini diharapkan bisa memberikan efek jera kepada para pembuang sampah liar,” tandasnya.