Tingkatkan Efektifitas Kinerja Perusahaan, PDAM Depok Berubah Menjadi Perseroda

DepokNews – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Depok kini telah resmi berubah badan hukum menjadi PT sejak 1 November 2021 lalu. Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Asasta Depok, M Olik Abdul Holik menyampaikan bahwa bentuk Perseroan Daerah atau Perseroda dinilai mampu tingkatkan efektifitas kinerja.

Dirinya mengungkapkan, perubahan status itu telah disahkan oleh Kemenkumham melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor AHU-0068922.AH.01.01.

“Bentuk Perseroda ini dapat meringkas dan mempercepat pengambilan keputusan sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan kinerja perusahaan, serta meningkatkan pelayanan dan berkontribusi pada PAD Kota Depok dan kepemilikan sahamnya 100% dimiliki oleh Pemerintah Kota Depok,” ujar Olik, Jumat,(24/12).

Olik mengatakan, pada tanggal 30 November 2021 PT. Tirta Asasta Kota Depok (Perseroda) telah menyelenggarakan RUPS pertamanya dengan dua belas agenda. Kedua belas agenda pembahasan tersebut telah disetujui oleh pemilik saham tunggal PT. Tirta Asasta Depok yakni, Pemerintah Kota Depok.

M Olik menjelaskan, perubahan tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Dimana bentuk badan hukum terbagi menjadi dua yaitu Perusahaan Umum Daerah (Perumda) dan Perseroan Daerah” kata Dirut PDAM Depok itu.

Disebutkannya, pemilihan bentuk badan hukum Perseroda tersebut dilandasi oleh kajian tentang perubahan bentuk badan hukum PDAM yang telah 2 kali dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok.

Kemudian ditetapkan oleh Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Perusahaan Perseroan Daerah Air Minum Tirta Asasta Depok.