Tingkatkan Kemakmuran Masjid, Puluhan DKM di Kota Depok Ikuti Pelatihan

Para peserta Pelatihan Peningkatan Kapasitas DKM Tahun 2023 di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (13/09/23). (Foto: Diskominfo).

DepokNews – Sebanyak 90 pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Kota Depok mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas DKM yang diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Bertempat di Hotel Bumi Wiyata, kegiatan tersebut mengangkat tema ‘Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Kemasjidan dalam Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid.’

“Para peserta merupakan perwakilan dari hasil mapping dari Dewan Masjid dan kita. Ada masjid-masjid yang punya potensi di setiap kecamatan, kita coba,” tutur Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Shandy Syamsurizal saat menghadiri Pelatihan Peningkatan Kapasitas DKM Tahun 2023, Rabu (13/09/23).

Dikatakan Shandy, dalam kegiatan tersebut, para peserta akan bertukar pengalaman dengan sejumlah narasumber. Antara lain dari Bank Syariah Indonesia (BSI), Badan Amin dan Zakat Nasional (Baznas), akademisi, dan pelaku usaha.

“Kegiatan ini lebih banyak ke sharing session sebagai inisiasi awal. Selanjutnya akan dilakukan pembinaan yang lebih ke poin-poinnya sesuai yang dibutuhkan rumah ibadah,” terangnya.

Dia menambahkan, pelatihan tersebut diberikan berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan pihaknya. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kemakmuran masjid.

“Kita berharap rintisan awal ini bisa menjadi pilot project yang bisa distudi tiru oleh masjid-masjid atau daerah lain,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id

Published
Categorized as Metro Depok