DepokNews–SMP dan SMA Ar-Ridha Al Salaam Cinere Kota Depok menggelar webinar pendidikan dalam rangka kegiatan Book Week Tahun 2022 yang dilaksanakan secara virtual pada Jumat, (25/03/2022).

Kegiatan Webinar pendidikan ini dengan tema “Peningkatan Kemampuan Menulis Peserta Didik di Era Digital”. Turut hadir Kepala SMP Ar-Ridha Al Salaam Rahmad Rezki, Kepala SMA Ar-Ridha Al Salaam Heri Rian, Narasumber Webinar Ika Ayu Pratiwi selaku Ketua BPP KGBN Jawa Barat serta peserta didik dari tingkat SD hingga SMA.

Ketua Panitia Book Week SMP dan SMA Ar-Ridha Al Salaam, Suryadi mengatakan, Alhamdulillah kegiatan webinar pendidikan ini berjalan dengan baik dan peserta yang hadir juga banyak.

“Kegiatan book week ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan di SMP dan SMA Ar-Ridha Al Salaam, namun pada kesempatan kali ini menjadi luar biasa, karena di dalamnya ada kegiatan webinar pendidikan dan peserta hadir yang hadir adalah peserta didik se kota Depok,” katanya kepada wartawan.

Selain itu, kata Suryadi, pembahasan kali ini luar biasa, Kak Ika menyampaikan materi yang bagus dan menarik untuk peserta didik dan memberikan ilmu tentang menulis dengan menggunakan metode ATAP.

“Saya kira metode ATAP yang disampaikan Kak Ika Ayu Pratiwi ini sangat menarik, karena siswa yang belum mahir atau pemula ini bisa mempelajarinya dan memulai dalam dunia menulis. ATAP sendiri bermakna Awal, Tantangan, Aksi dan Pelajaran,” terang Guru Mapel IPS ini.

Dirinya menambahkan, semoga dengan adanya webinar ini, para siswa bisa mendapatkan semangat dalam dunia penulisan dan juga mampu memahami trik-trik penulis bagi mereka yang baru mulai menulis.

Sementara itu, Kepala SMP Ar-Ridha Al Salaam, Rahmad Rezki menuturkan, motivasi dalam menulis itu memang ditentukan dari proses internal dan eksternal seseorang.

“Proses internal itu seperti halnya kita punya cita-cita seperti apa, kemudian ingin dikenal sebagai apa. Sementara itu, yang eksternal, adalah semua kekuatan yang membangun, membentuk kemauan kita dan mengondisikan agar kita berbuat sesuatu. Doing someting,” tuturnya.

Rezki juga mengucapkan terima kasih banyak kepada panitia, pembicara serta peserta yang turut hadir dan membantu dalam kegiatan webinar ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada panitia khusus Mr Suryadi dan guru-guru yang telah membantu dan mensukseskan kegiatan ini, kepada pembicara Kak Ika Ayu Pratiwi yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan ilmu yang bermanfaat serta para peserta yang hadir dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Rezki juga berharap, semoga ilmu yang didapatkan dalam webinar yang diadakan Ar-Ridha Al Salaam bisa membantu meningkatkan kompetensi menulis peserta didik.

Perlu diketahui, Ika Ayu Pratiwi adalah seorang penulis, begitu banyak karyanya diantaranya, Penulis 21 buku antologi (parenting, pantun, puisi, cerita anak dan biografi). Dirinya juga Sedang menyelesaikan buku solo “Ajari aku calistung karena cinta” Serta membuat media pembelajaran “Karena Cinta”.