DepokNews – Dalam rangka untuk meningkatkan skill atau kemampuan kader partainya, DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kecamatan Tapos Kota Depok Jawa Barat melalui Bidang Kaderisasi menggelar Webinar Kepemimpinan dan Kewirausahaan bertema Kepemimpinan Dalam Organisasi dan Relevansi dengan Kewirausahaan yang diadakan secara Virtual lewat aplikasi Zoom pada Ahad (28/11/2021).

Sebagai pembicara adalah Dr. HM. Sofwan Jauhari Lc., M.Ag (ASPM) merupakan Dosen – Dewan Pengawas Syariah-Ahli Syariah Pasar Modal. Dihadiri oleh ratusan kader PKS Kecamatan Tapos.

“Acara ini penting diikuti oleh kader karena sebagai sarana peningkatan dan penguatan skill pemahaman tentang kepimpinan serta membangun jiwa kewirausahaan ekonomi kader PKS dalam berinteraksi dengan masyarakat,” ujar Ketua DPC PKS Tapos H. Mamuri Raskaman saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara.

Pembicara Sofwan Jauhari dalam penyampaian materinya menjelaskan bahwa kita semua adalah pemimpin meskipun dengan kapasitas yang berbeda, karena itu kita harus memiliki ilmu dan skill dalam memimpin.

“Materi ini disiapkan untuk itu, termasuk kepemimpinan dalam keluarga sampai menjadi kepala negara,” ungkap Sofwan.

Lebih lanjut Sofwan mengatakan, kepemimpinan dalam sudut pandang Islam adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan.

“Bukan sesuatu yang patut dibanggakan dan menjadi alat keangkuhan, kesombongan yang menjadi tiket VIP menuju neraka. Karena kepemimpinan adalah amanah dan tanggung jawab dunia akhirat, sebaiknya tidak perlu berambisi untuk menjadi pemimpin. Tetapi memiliki kemampuan dan skill kepemimpinan adalah keharusan,” jelas Sofwan sambil menayangkan slide materi.

Dalam relevansinya kepemimpinan dengan kewirausahaan Sofwan memberikan contoh Nabi Muhammad SAW sebagai sosok pemimpin yang berhasil dan juga pengusaha. Ada juga sahabat nabi yakni Abu Bakar Sidiq dan Abdurahman Auf.

Sofwan kemudian menyampaikan fakta, ada pemimpin yang tidak memiliki kepemimpinan, dan ada orang yang memiliki kemampuan untuk memimpin namun tidak diberikan kesempatan untuk menjadi pemimpin.

“Boleh jadi anda tidak ditunjuk sebagai pemimpin, tetapi anda mampu mengkondisikan sebuah organisasi untuk sampai kepada tujuannya,” imbuhnya.

Di sesi penyampaian materinya Sofwan memberikan materi membangun potensi kepemimpinan yang jika kita ingin memiliki potensi sebagai pemimpin maka kita harus membangun sifat-sifat berikut ini; Fathonah (cerdas), Amanah (trust), dan Komunikatif.

“Mari siapkan diri menjadi pemimpin dengan belajar dan berlatih, niat ibadah sebagai khalifatullah fil ardl,” ajak Sofwan kepada peserta webinar.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB hingga selesai pada pukul 11.00 WIB terpantau pada tayangan aplikasi Zoom diikuti sekira 134 peserta kader PKS Tapos. Selain penyampaian materi webinar, acara juga diisi dengan sesi tanya jawab dan pembagian doorprize kepada peserta yang hadir awal acara dan yang bisa menjawab pertanyaan kuis dari pembicara. (shl)