Tugu Tanah Baru di malam hari. (Gambar : Tangkapan Layar)

DepokNews – Lurah Tanah Baru Dicky Mahyudin mengatakan, keberadaan Tugu Gong Si Bolong di Tanah Baru akan dipindahkan sejauh 10 meter dari posisi awal. Dikatakan Dicky, nantinya posisi Tugu tersebut masih berada di tengah jalan sehingga tetap terlihat dari pengguna jalan dari berbagai arah.

“Jadi bukan dihilangkan, Tugu Gong Tanah Baru yang terdapat replika Gong Si Bolong akan direlokasi sekitar minggu ini,” katanya, Jumat (29/07/2022)

Dikatakannya, relokasi Tugu ini dilakukan karena sejak pembangunan tol Cijago Seksi III keberadaannya mengganggu aktivitas berkendara. Khususnya bagi pengendara yang akan menuju Jakarta atau sebaliknya, sehingga menimbulkan kemacetan.

“Pelaksana relokasi dari pihak kontraktor jalan tol. Arahnya sekitar 10 meter ke selatan dari posisi berdirinya tugu tersebut,” ujarnya.

“Itupun sudah ditinjau dievaluasi dari pihak kontraktor bersama dengan kelurahan, tokoh masyarakat, Dinas Perhubungan (Dishub) dan pengurus serta tokoh dari Gong Si Bolong untuk menentukan titiknya,” jelasnya.

Dicky menambahkan, perwakilan warga sudah menyetujui relokasi tugu tersebut beberapa waktu lalu. Selain juga dilakukan upacara tasyakuran dengan pengajian agar nantinya pelaksanaan relokasi tugu berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

Menurutnya, desain Tugu Tanah Baru juga akan dikerjakan oleh warga RT 4 RW 6 Kelurahan Tanah Baru. “Desain yang buat Bapak Yuliono dengan ukuran 2×2 meter dan sebagai pelaksana kerja dari pihak tol,” tutupnya. 

Sumber: depok.go.id

Previous articleAnggota DPRD Jabar FPKS Iin Nur Fatinah Ingatkan Pentingnya Memahami Nilai Luhur Bangsa Indonesia
Next articleKPU Depok Sosialisasikan Terkait Verifikasi dan Penetapan Partai Politik 2024