Turap Kali Baru Longsor, DPUPR Turunkan Sepuluh Personel Untuk Lakukan Penanganan

Satgas DPUPR melakukan penanganan longsor di Kali Baru, Jalan Raya Jakarta-Bogor Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Selasa (07/11/23). (Foto:Dok.DPUPR)

DepokNews – Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok diterjunkan guna melakukan penanganan longsor turap setinggi 7 meter, di Kali Baru, Jalan Raya Jakarta-Bogor Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos.

Turap tersebut longsor akibat tidak mampu menampung debit air yang cukup deras ketika hujan lebat. Akibatnya, material turap terbawa arus dan menyebabkan longsor sepanjang 15 meter.

“Tinggi turap yang longsor 7 meter dengan panjang 15 meter. Kami turunkan satgas sebanyak satu regu atau 10 personel dan ditangani secara manual,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Selasa (07/11/23).

Dikatakannya, untuk sementara pihaknya memasang cerucuk bambu sebagai penanda adanya longsor. Juga untuk menahan tanah agar tidak bergeser dan menyebabkan longsor susulan.

“Sementara di pasang cerucuk bambu sambil kami usulkan anggaran di tahun 2024 untuk penanganan permanen,” terangnya.

Kendati mengalami longsor, sambung Citra, tidak ada penutupan jalan. Namun ia mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati.

“Pejalan kaki maupun pengguna motor masih bisa melalui jalan ini. Namun tetap hati-hati karena kita tidak tahu apakah ada hujan lebat susulan yang bisa menyebabkan potensi longsor lagi,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id