DepokNews — Universitas Indonesia (UI) mendapat ganjaran atas performance selama ini, dalam kategori yang menjadi penilaian lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia The Times Higher Education (THE).

UI menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk dalam Top 15 Emerging Economies University Rankings di Asia Tenggara dan Top 150 dunia.

The Times Higher Education (THE) merilis Emerging Economies University Rankings 2022 yang memuat hasil tersebut, menempatkan UI di peringkat ke-13 dari 73 institusi di wilayah Asia Tenggara, berada di posisi teratas di Indonesia, dan peringkat ke-140 di Dunia.

Pemeringkatan ini mencakup 698 perguruan tinggi di 50 wilayah terwakili yang digolongkan sebagai negara berkembang di dunia.

Pencapaian tersebut menempatkan UI lebih unggul dari Universiti Tenaga Nasional (Malaysia), Chulalongkorn University (Thailand), King Mongkut’s University of Technology Thonburi (Thailand), Mae Fah Luang University (Thailand), Chiang Mai University (Thailand), dan Vietnam National University, Hanoi (Vietnam).

Pada indikator penilaian Teaching, UI unggul dengan memperoleh skor tertinggi ke-1 dari 73 institusi di wilayah Asia Tenggara.

Begitu pula dengan indikator Industry Income, UI meraih skor tertinggi ke-5, dan pada indikator International Outlook menempati skor tertinggi ke-10 dari 73 institusi di wilayah Asia Tenggara.

Di Indonesia, UI menempati posisi pertama jika dibandingkan dari 19 universitas lainnya di Indonesia dengan nilai tertinggi pada indikator International Outlook (52.4) dan Teaching (38.6).