Uji Kemampuan Siswa di Forum, SIT Ruhama Depok Gelar Khotmul Qur’an dan Imtihan Tartil dan Tahfidz

DepokNews–Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ruhama Depok menggelar kegiatan Khotmul Qur’an dan Imtihan Metode Umi Tartil, Tahfidz juz 30, 29, 1, 2, 6 – 10 dan Turjuman. Kegiatan ini berlangsung di Graha Gemilang Jatijajar Depok, Sabtu (25/6/2022).

Direktur Pendidikan Yayasan Ruhama Ustadz Anas Basaruddin menjelaskan para siswa yang mengikuti kegiatan ini sebelumnya sudah dinyatakan lulus dalam ujian tartil dan tahfidz Qur’an pada kelompok atau juz yang diujikan.

“Setelah dinyatakan lulus dalam ujian tartil dan tahdidz para siswa diwisuda. Pada wisuda ini ada uji publik, anak-anak langsung dites oleh hadirin, para tamu undangan dan wali murid. Hadirin bebas menguji para siswa, ini sebagai bukti para siswa mampu menghafal surat pada Alqur’an secara tartil sesuai pada juz yang sudah dinyatakan lulus oleh guru penguji. Para orang tua bisa menguji para siswa pada acara ini,” jelas Ustadz Anas Basaruddin.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa SDIT Ruhama kelas 3 sampai kelas 9 SMP, dengan jumlah siswa 145. Dengan metode ini para lulusan SIT Ruhama punya bekalan hafalan Alquran yang benar atau tartil.

“Ini standart kelulusan Rumaha, anak – anak punya hafalan Alquran yang benar atau memadai, minimal sekali juz 30 namun Alhamdulillah yang punya amalan 30 juz juga banyak,” tambah Ustadz Anas Basaruddin.

Kegiatan Khotmul Qur’an dan Imtihan Metode Umi SIT Ruhama ini selain dihadiri oleh para wali murid juga dihadiri tamu undangan antara lain : Wali Kota Depok Periode 2006 – 2016 Prof. DR. Ir. Nur Mahmudi Isma’il, M.Sc., Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Wijayanto, Camat Tapos Abdul Mutholib, Lurah Jatijajar Mujahidin, erwakilan Kantor Kementerian Agama kota Depok, segenap Pimpinan Yayasan Ruhama dan tamu undangan lainnya.

SIT Ruhama Depok telah menorehkan berbagai prestasi. Untuk mengetehui kiprah SIT Ruhama bisa klik : https://www.sekolahruhama.sch.id/index.html