Universitas Respati Indonesia Lakukan Pengabdian Masyarakat di Cipayung Jaktim

DepokNews–Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyebab utama kematian secara global. Menurut World Health Organization (2018), sebesar 71% kematian secara global disebabkan oleh PTM. Di Indonesia sendiri PTM menyumbang 73% penyebab kematian pada tahun 2016. Penderita COVID-19 dengan penyakit tidak menular (PTM) seperti hipertensi, diabetes, penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan kronis, dan kanker dapat berisiko tinggi menjadi parah dan fatal atau kematian.

Begini Kiprah Optik Sejahtera Klik di sini

Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) merupakan kegiatan pengendalian faktor risiko PTM melalui pemberdayaan masyarakat. Tujuannya untuk menjangkau masyarakat yang “merasa sehat” dapat dideteksi secara dini Faktor Risiko PTM-nya sedini mungkin dan dilakukan upaya intervensi untuk memodifikasi perilaku. Sasaran program ini masyarakat berusia 15-59 tahun orang yang sehat agar faktor resiko tetap dalam terjaga normal, orang dengan faktor resiko kembali menjadi normal, dan orang dengan penderita PTM agar dapat mencegah timbulnya komplikasi.

Pemberdayaan masyarakat melalui Posbindu PTM dapat dilaksanakan pada tatanan khusus di Sekolah, Tempat Kerja, Jemaah Haji, dan Tempat Umum. Universitas Respati Indonesia (URINDO) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas Kecamatan Cipayung Jakarta Timur dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Jakata Timur mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Penguatan Agent of Cange (AoC) Posbindu PTM”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Rabu, 29 Juni 2022,  di hadiri oleh Kepala Puskesmas Kec. Cipayung (dr. Endang Sri Wahyuningsih, MKM), Ketua IAKMI Jakarta Timur (Bapak Sri Widodo, SE, M.Kes), Ketua LPPM URINDO (Dr. Yeny Sulistyowati, SKM., M.Si.Med) beserta jajarannya.

Selain edukasi kesehatan yang disampakan oleh Penyuluh Kesehatan Puskesmas Cipayung (Yohanes Dedio Yuan H, SKM)  kegiatan ini juga memberikan pemeriksaan kesehatan gratis  yang terdiri dari pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan, Lingkar Perut, Tekanan Darah, Gula Darah Sewaktu, HIV dan pengukuran kesehatan mental serta Vaksinasi Dosis 1, 2, dan juga vaksin booster.

Kegiatan yang melibatkan Dosen Tetap, mahasiswa URINDO dan petugas Puskesmas Cipayung ini diharapkan URINDO sebagai contoh bagi universitas lainnya yang sudah menggerakkan kegiatan Posbindu PTM yang bekerjasama dengan Puskesmas Cipayung sebagai mitra. Semoga kedepannya bisa diikuti oleh universitas lainnya, ujar dr. Endang (Ka. Puskesmas Cipayung).

Ketua Panitia Bapak Samingan SE., M.Kes juga berharap keterlibatan mahasiswa dan organisasi profesi seperti IAKMI dan Puskesmas Cipayung bisa berjalan berikutnya, dan mahasiswa menjadi tempat belajar yang aplikatif.

Description: C:\Users\DELL\Downloads\IMG_0277.JPG
Description: C:\Users\DELL\Downloads\IMG_0296.JPG
Description: C:\Users\DELL\Downloads\IMG_0332.JPG