Wakil Wali Kota Depok Sebut Kegiatan Tukar Minyak Jelantah Selamatkan Lingkungan

DepokNews – Komunitas Rumah Keluarga Indonesia (RKI) melakukan kegiatan tukar minyak jelantah di Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari Kota Depok.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono serta jajaran yang ada di Kelurahan Pondok petir.

Pada kesempatan tersebut, Imam mengapresiasi Program tukar minyak Jelantah.Menurut Imam pengumpulan minyak jelantah ini sangat berkontribusi besar dalam melindungi alam.

Sebab, jika minyak bekas pakai dibuang ke saluran air atau tanah, dapat mencemari lingkungan.

“Program yang luar biasa ini harus dilakukan secara berkelanjutan, ya bisa dimulai dari tingkat RT, RW, bila perlu sampai tingkat Kecamatan dan Kota Depok,” ucap IBH.

Selain itu Pemerintah Kota Depok akan terus mendorong program masyarakat Pontir di jadikan wahana untuk saling bergotong royong membantu masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19.

“Kami berharap pemberian doorprize ke nasabah program tukar minyak jelantah bisa bermanfaat buat masyarakat,” kata IBH usai peluncuran pagi tadi, Sabtu (03/04/2021).

“Saya berjarap para Camat, Lurah dan masyarakat bisa membantu sosialisasi ke warganya, agar minyak jelantah jangan dibuang tapi disedekahkan melalui RKI,” katanya.

Sementara itu, Lurah Pondok Petir Rizal Farhan dalam kesempatan ini menuturkan, program ini sebagai ketahanan ekonomi yang ada di Kelurahan Pontir.

Mekanisme penukaran minyak jelantah, dilakukan setiap satu bulan sekali di tempat yang berbeda. Masyarakat dapat menukarkan minyak jelantah dengan sembako, seperti minyak goreng, sabun, hingga logam mulia.

“Minyak jelantah ini juga dapat didaur ulang menjadi lilin, sabun, dan lainnya,” tutur Rizal yang didampingi oleh Ketua Panitia Peluncuran Program Tukar Minyak Jelantah, Rizki Kusumawardani.