Wali Kota Depok Cek Pemotongan Hewan Kurban di RPH Tapos

DepokNews – Hari kedua Iduladha 1445 Hijriah (H) atau 2024 Masehi, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengecek langsung proses pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Tapos.

Tercatat, sebanyak 68 hewan kurban dipotong pada hari pertama Iduladha, dan 85 hewan kurban dipotong pada hari kedua Iduladha di RPH Tapos.

“Saya mengecek kegiatan dua hari ini khususnya memang termasuk istimewa Iduladha ini, per kemarin menyembelih sebanyak 68 hewan dan hari ini lebih banyak lagi sekitar 85 hewan,” kata Kiai Idris, di sela-sela tinjauan ke RPH Tapos, Selasa (18/06/24).

Menurutnya, fasilitas yang dimiliki RPH Tapos sudah cukup memadai, seperti memiliki lima alat pemotongan hewan, beberapa mesin pengulitan serta alat pemotong hewan yang cepat dan higienis.

“Kalau fasilitas cukup memadai seperti pemotongannya ada lima, ada juga sarana dan prasarana (sarpras) pengulitan untuk menguliti dan memotong,” ujarnya.

“Termasuk juga masalah limbah yang penting di RPH, saat ini RPH sudah menggunakan plastik higienis seperti yang sudah diarahkan sebelumnya,” tambah Kiai Idris.

Dia menuturkan, bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa RPH bisa langsung mendatangi tempat tersebut di Tapos, bisa juga melalui pihak-pihak yang telah bekerja sama dengan RPH Tapos.

“Kalau keseharian para pedagang itu ada yang berkomunikasi langsung lewat bandar dan ada juga yang langsung ke RPH,” ungkapnya.

“Kalau seperti saat ini untuk pedagang tetap dilayani, tetapi pemotongannya dilakukan pada saat malam hari, makanya pemotongan saat Iduladha dilakukan siang hari saja,” jelas Kiai Idris.

“Jadi silakan masyarakat jika ingin menyembelih disini bisa berkomunikasi dengan RPH langsung atau bisa berkomunikasi dengan bandar-bandar yang ada,” tandasnya.

Sumber : depok.go.id