DepokNews–Pemerintah Kota Depok mengadakan Apel Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi di Wilayah Kota Depok Tahun 2021 di Lapangan Balai Kota Depok, Senin (15/11/21). Wali Kota Depok, Mohammad Idris, bersama Dandim 0508/Depok Kolonel Inf. Agus Isrok Mikroj, dan Wakapolres Metro Depok AKBP Hari Setyo Budi melakukan inspeksi dan pengecekan perlengkapan anggota tim Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi yang terdiri dari gabungan TNI-Polri, Anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Palang Merah Indonesia, Pramuka, dan komunitas relawan Kota Depok.

“Kesiapsiagaan secara formil ya. Kalau tugas-tugas aksi mereka memang sudah sejak awal bersama teman-teman semuanya yang terlibat dalam hal ini. TNI Polri juga di lapangan sudah bekerja,” kata Idris usai menjadi Inspektur Apel Siaga, Senin (15/11/2021).

Semua pihak dalam pentahelix penanggulangan bencana, yakni: pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media massa, harus berperan dalam pencegahan dan penanganan bencana.

Salah satu relawan Depok yang ikut apel yakni relawan Keluarga Tanggap Bencana (Kataba) sebagai relawan pengurangan risiko bencana yang siap mencatat setiap potensi dan kejadian risiko bencana, serta ikut berperan aktif membangun budaya sadar bencana. Christanto, S.H., Ketua Sahabat Siap Selamat (S3) yang menggulirkan program tersebut, “Risiko banjir atau genangan air bisa diantisipasi dengan peran serta masyarakat mencatat dan melaporkan titik-titik sumbatan air atau moral hazard oknum yang membuang sampah sembarangan.