Warga Permata Depok Kerja Bakti Cegah Banjir

DepokNews- Warga Permata Depok secara serempak melaksanakan kerja bakti, guna mencegah banjir saat musim hujan.

Sebanyak 12 RT dari berbagai sektor di perumahan tersebut turun membersihkan lingkungan tempat tinggalnya. Mulai dari membersihkan saluran air, rumput, longsoran tanah hingga pemangkasan pohon-pohon yang lebat.

Ketua Rukun Warga (RW) 007 Keluharan Pondok Jaya, Kisnadi bersama para Ketua Rukun Tetangga (RT) memimpin kerja bakti massal ini. Bahkan Kisnadi keliling memantau kegiatan ke seluruh sektor. Polisi aktif berpangkat AKBP ini tak segan turun ke lapangan membersihkan lingkungan.

“Ini langkah awal yang bisa kita lakukan di musim hujan. Kita tahu hampir setiap hari hujan turun dengan debit air yang turun luar biasa. Karena itu kita perlu membersihkan lingkungan supaya air bisa mengalir dengan cepat ke Sungai Ciliwung tidak parkir di lingkungan,” kata Kisnadi.

Diakui Kisnadi bahwa kerja bakti saja tidak cukup untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan. Karena itu pihaknya juga akan melakukan program lainnya seperti penanaman rumah pompa di hulu dan hilir.

“Kami akan bekerja sama dengan pihak terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Kota Depok untuk menangani masalah,” ujar Kisnadi.

Selain itu juga akan membuat lobang biopori sebagai salah satu upaya mengurangi genangan saat hujan turun.

“Saya ucapkan terima kasih kepada warga RW 007 yang telah serempak menggelar kerja bakti. Kebersihan dan kenyamanan tentunya menjadi tanggung jawab kita semua,” tuturnya.

Sementara itu Lurah Pondok Jaya Nurman Hakim mengapresiasi langkah-langkah penanganan masalah lingkungan yang dilakukan serempak di RW 007 Permata Depok. Menurutnya kegiatan ini sangat positif dan membantu kinerja pemerintah Kota Depok.

“Kami sangat mengapresiasi kepada seluruh jajaran kepengurusan RT dan RW 007 yang menggerakkan langsung warganya membersihkan solokan/drainase yang ada di sekitar tempat tinggalnya untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang saat ini telah memasuki musim penghujan,” pungkas Nurman Hakim.

“Semoga dengan ikhtiar ini khususnya di lingkungan wilayah RW 007 Permata Depok dan umumnya wilayah Kelurahan Pondok Jaya, terhindar dari dampak musim penghujan saat ini, karena sebagaimana kita ketahui bersama “Kebersihan sebagian dari Iman,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan pihaknya sebelumnya sudah melaksanakan Kegiatan sosialisasi penanganan antisipasi kebencanaan dan melibatkan RT, RW, Katar, PKK, dan LPM yang ada di Kelurahan Pondok Jaya dengan menghadirkan Narsum dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanganan Bencana Kota Depok.

Kepala Seksi Seksi Operasi Pemeliharaan Dinas PUPR Kota Depok, Dodi Sadikin secara terpisah mengatakan ada tiga titik genangan air di Kota Depok yang menjadi konsen serius. Ketiga titik tersebut di jalan Arif Rahman Hakim (ARH), Mampang, dan Margonda.

“Untuk ARH kami pasang pompa dan membersihan saluran. Sedangkan di Mampang kami melakukan normalisasi dengan alat berat dan Margonda kami membersihkan saluran yang melintasi jalan,” terang Dodi.

Menyinggung kegiatan warga Permata Depok dalam upaya mencegah banjir, pihak PUPR mengaku mengapresiasi. Dipastikan jika ada laporan dari warga pihaknya akan segera bertindak.

“Nanti kita bisa kerja sama dengan pihak wilayah dan lingkungan untuk mengantasipasi terjadinya luapan air di musim hujan,” tutupnya.