DepokNws– Rumah Sakit Jantung Diagram Siloam Hospitals (Siloam Hospitals Jantung Diagram) mengadakan edukasi bincang sehat melalui kanal YouTube bertajuk : ‘Serangan Jantung Pada Penyintas Covid -19’. Pada kesempatan edukasi, dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Andrea Kartika Suryadharma sebagai narasumber edukasi yang diikuti oleh puluhan viewer.

Dikatakan Andrea Kartika Suryadharma, virus Sars Cov2 dapat merusak dan mempengaruhi fungsi jantung melalui beberapa mekanisme, salah satunya adalah melalui receptor ACE-2 yang terdapat pada berbagai macam organ, salah satunya jantung.

“Receptor ACE-2 inilah yang akan ‘memediasi’ virus sehingga dapat memasuki sel,” tutur dr. Andrea Kartika Suryadharma, Sp.JP, Rabu (02/03/2022) di kota Cinere, Depok.

Infeksi virus corona mampu merusak sel jantung secara langsung dan juga dapat menyebabkan peradangan (inflamasi) lebih lanjut terutama saat terjadi respon imun berlebih atau yang sering disebut dengan badai sitokin, sehingga mengakibatkan kerusakan pada sel-sel pembuluh darah (disfungsi endotel), berpotensi mengganggu stabilitas plak aterosklerotik, dan juga mencetuskan kondisi hiperkoagulabilitas pada darah.

“Gangguan ini sangat mungkin muncul dengan berbagai macam ‘manifestasi’ yang berbeda, namun tidak semua penyintas Covid yang akan mengalami. Berdasarkan data studi kasus ada, tidak ada pola khusus yang dapat memprediksi komplikasi gangguan jantung pada penyintas Covid,” ungkap Andrea yang kesehariannya berpraktek tetap di rumah sakit yang berlokasi di bilangan Cinere, Depok ini.

Melanjutkan edukasinya, Andrea mengatakan, Virus covid -19, terbukti dapat menimbulkan ‘gangguan’ organ jantung dan pembuluh darah serta organ lainnya. Bahkan tidak hanya pada penderita covid dengan gejala berat, namun juga pada penyintas covid dengan gejala ringan pun ternyata dapat menimbulkan komplikasi pada organ jantung dan pembuluh darah.

Edukasi Pencegahan

Menjaga kewaspadaan diri melalui protokol kesehatan secara berkelanjutan menjadi penting pada para penyintas covid, segera konsultasikan ke dokter apabila mengalami gejala gejala seperti : rasa tidak nyaman di dada yang sangat mungkin menjalar ke lengan, punggung, terutama jika disertai dengan sesak nafas, merasa mudah lelah, detak jantung yang tidak teratur bahkan keringat dingin.
Pada sesi tanya jawab, dr. Andrea Kartika Suryadharma, Sp.JP., menjelaskan bahwa
terapi dan pengobatan khususnya pada gangguan kesehatan jantung bagi para penyintas covid-19 amat tergantung Entitas penyakit awalanya dan Kasus yang dialami.

“Sangat disarankan agar berkonsultasi kepada dokter spesialis yang sebelumnya pernah menangani anda saat terpapar Covid sebelumnya terutama jika terdapat gejala yang sudah disebutkan dan memiliki komorbid sebelumnya,” pungkas dr. Andrea Kartika Suryadharma Sp.JP., menutup sesi singkatnya kali ini.

Termasuk menjaga pola hidup sehat dan memperbaiki faktor resiko yang ada dapat mengurangi resiko penyakit jantung bagi para penyintas covid.