Wisuda Pesma Al-Hikam, Santri Punya Nilai Plus Dalam Persaingan Global

Depok-Dunia Pesantren telah memberikan kontribusi dalam mendidik muslim pada segala umur. Pesantren Mahasiswa (Pesma) Al-Hikam salah satu Pesantren yang mendidik santri di usia mahasiswa. Hal itu dibenarkan Pengasuh Pesantren Al-Hikam Depok KH. Yusron Ash-Shiddiqy. Menurutnya, kurikulum pendidikan di Pesantren memasukkan nilai kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional spiritual (ESQ). Ia menambahkan, bagaimana mendidik anak mahasiswa secara intelektual serta kontrol emosional sekaligus. “Seperti pada mahasiswa yang menjadi santri di Pesma Al-Hikam ini, mendapatkan pendidikan karakter dan spritual keagamaan,”ujarnya seusai acara Wisuda dan Pengukuhan Pesma Al-Hikam, Selasar Masjid Al-Hikam, Kukusan, Beji.

Menurutnya, pendidikan di perguruan Tinggi sangat bagus dalam pendidikan IQ. Ia menambahkan, bila kecerdasan intelektual tanpa diimbangi dengan kecerdasan emosional maka tentu kurang baik. “Kita mendukung dan mengawal penuh pendidikan di tingkat perguruan yang sudah sangat bagus. Pesantren Mahasiswa memberikan tawaran dan melengkapinya,”katanya.

Hal senada diutarakan Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Indonesia
Teguh Dartanto, Ph.D. Menurutnya, saat ini dunia terasa begitu cepat dan berubah. Yang penting, lanjutnya, adalah bagaimana bisa cepat beradaptasi dengan perubahan. “Pendidikan Pesantren Mahasiswa memiliki nilai plusnya. Ideenya sangat brilian, yaitu mencoba menyeimbangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dibutuhkan dalam persaingan. Di Pesantren mendapatkan pendidikan mental,”terangnya seusai mengisi orasi ilmiah.

Menurutnya, permasalahan generasi saat ini salah satunya adalah mental dan kesehatan mental bermasalah. Menurutnya, melalui Pesantren dan kampus memberikan keseimbangan untuk bertahan, menyiapkan skill, mental agar mampu beradaptasi. “Kami di kampus tidak bisa secara penuh memberikan pendidikan mental layaknya di Pesantren Mahasiswa. Untuk itu, kita saling beriringan dan kolaborasi. Tentu, kita berharap bisa mencetak lulusan Perguruan Tinggi yang profesional dengan skill dan mental yang lebih kuat,”harapnya.

Wisuda & Pengukuhan Santri, Pesantren Mahasiswa/i Al-Hikam Depok mengusung tema “Santri dan Visi Indonesia 2045 : Mengadaptasikan Diri dengan Perubahan, Menguatkan Diri dengan Keimanan”.